Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendektan Kontekstual Di Kelas VIIA SMP Negeri 2 Linggabayu
DOI:
https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.49Kata Kunci:
Aktivitas, Pendekatan kontekstual, Hasil belajarAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, (2) peningkatan hasil belajar siswa, (3) peningkatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIA SMP Negeri 2 Linggabayu pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan untuk data aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Untuk hasil belajar siswa data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data siklus I dan siklus II, diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa yaitu sebesar 27,408% dan aktivitas guru pada siklus II sudah berada pada kategori “baik” dengan rata-rata 3,55. Peningkatan ini juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu meningkat sebesar 33,33%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebesar 52,78% dan di siklus II sebesar 86,11%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsini. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Harahap, A. N., & Nurdalilah, N. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Penerapan Metode Inquiry. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(01), 67-78.
Masnur Muslich. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang Bumi Aksara
Rambe, M., Nurdalilah, N., & Lubis, S. S. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Penalaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Pada Siswa Kelas Vii-1 Smp Negeri 5 Angkola Timur. PeTeKa, 4(1), 58-63.
Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Lolita Fauziana Mahasiswa Pendidikan Matematika, Nurdalilah, Susi Sulastri Lubis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.