Efektivitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Angkola Timur
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.433Kata Kunci:
budaya literasi, prestasi belajar, Mata Pelajaran PPKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya literasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dengan metode one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas XI yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebanyak 10 soal sebelum dan sesudah diterapkan budaya literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan budaya literasi, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 64,6 dan posttest sebesar 80. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh budaya literasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa diterima. Dengan demikian, penerapan budaya literasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.
Unduhan
Referensi
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 146–155.
Fani, T., & Ghaemi, F. (2011). Implications of Vygotsky’s zone of proximal development (ZPD) in teacher education: ZPTD and self-scaffolding. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29, 1549–1554.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).
Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.
Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Unhi Press.
Totok, T. (2018). Aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai peneguh karakter kebangsaan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 171–186.
Yusuf, M. (2013). Membentuk karakter melalui pendidikan berbasis nilai. Al-Ulum, 13(1), 1–24.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dewani Siti Yunima Panggabean, Aryani Hasugian, Rosina Harahap, Helmi Suryana Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.