Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.520Kata Kunci:
Minat Belajar, Pendidikan PPKn, Project Based Learning, Pembelajaran AktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Pada kondisi awal, sebagian besar indikator minat belajar berada pada kategori “sangat kurang” dan “kurang”. Setelah penerapan tindakan pada siklus I dan dilanjutkan pada siklus II, terjadi peningkatan yang konsisten hingga sebagian besar indikator mencapai kategori “baik” dan “sangat baik”. Peningkatan ini ditunjukkan melalui keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran, pengelolaan waktu, keaktifan di kelas, serta ketertarikan terhadap materi. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL merupakan pendekatan yang efektif dan relevan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn yang sebelumnya dianggap kurang menarik.
Unduhan
Referensi
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1 SE-Articles), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).
Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98
Fatma Sari, Zulfani Sesmiarni, & Susanda Febriani. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMAN 5 Payakumbuh. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 281–288. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i3.3939
Harahap, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). BUKU AJAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. In N. Rismawati (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 9–21.
Irfan Rizkiana Raja Nugraha, Supriadi, U., & Mokh. Iman Firmansyah. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1 SE-Articles), 39–47. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i1.8608
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.272
Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Model-Model Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1352
Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Suhartono, S., Arsana, I. W., Imaniar, R. M. P., Fauzi, A. A., & Ardhana, N. F. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 17 Surabaya. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 13(1), 64. https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30082
Ulfa Firdayani, C., Sunaryo, H., & Angela Rosalia, L. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN MEDIA APLIKASI COMICA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2141–2153. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8317
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ismail Saputra Hasibuan, Dewi Sartika, Rosina Harahap

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.