Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan

Penulis

  • Ismail Saputra Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara
  • Rosina Harahap Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.520

Kata Kunci:

Minat Belajar, Pendidikan PPKn, Project Based Learning, Pembelajaran Aktif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Pada kondisi awal, sebagian besar indikator minat belajar berada pada kategori “sangat kurang” dan “kurang”. Setelah penerapan tindakan pada siklus I dan dilanjutkan pada siklus II, terjadi peningkatan yang konsisten hingga sebagian besar indikator mencapai kategori “baik” dan “sangat baik”. Peningkatan ini ditunjukkan melalui keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran, pengelolaan waktu, keaktifan di kelas, serta ketertarikan terhadap materi. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL merupakan pendekatan yang efektif dan relevan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn yang sebelumnya dianggap kurang menarik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1 SE-Articles), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).

Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Fatma Sari, Zulfani Sesmiarni, & Susanda Febriani. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMAN 5 Payakumbuh. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 281–288. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i3.3939

Harahap, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). BUKU AJAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. In N. Rismawati (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 9–21.

Irfan Rizkiana Raja Nugraha, Supriadi, U., & Mokh. Iman Firmansyah. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1 SE-Articles), 39–47. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i1.8608

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.272

Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Model-Model Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1352

Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Suhartono, S., Arsana, I. W., Imaniar, R. M. P., Fauzi, A. A., & Ardhana, N. F. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 17 Surabaya. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 13(1), 64. https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30082

Ulfa Firdayani, C., Sunaryo, H., & Angela Rosalia, L. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN MEDIA APLIKASI COMICA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2141–2153. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8317

Unduhan

Diterbitkan

28-05-2025

Cara Mengutip

Hasibuan, I. S., Sartika, D., & Harahap, R. (2025). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 90–97. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.520

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.