Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan

Penulis

  • Rahmi Pulungan Universitas Graha Nusantara
  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.534

Kata Kunci:

keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, model pembelajaran Jurisprudensial, penelitian tindakan kelas, pembelajaran aktif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui penerapan model pembelajaran Jurisprudensial pada siswa kelas XI-1 SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes menulis laporan, sedangkan teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis siswa dari pratindakan dengan nilai rata-rata 53,66 menjadi 65,33 pada siklus I, dan meningkat menjadi 81 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 20% pada pratindakan menjadi 53,33% pada siklus I dan mencapai 83,33% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Jurisprudensial efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan hasil observasi, karena mendorong siswa berpikir kritis, menyusun argumen, serta memahami struktur teks secara sistematis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ALPAREZI, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Lerning (Pjbl) dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Curup Selatan. IAIN Curup.

Fithriyah, N. N., & Ulawiyah Isma. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah , 2(2 SE-Articles), 225–235. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1321

Hertina, D., Nurhidaya, M., Gaspersz, V., Nainggolan, E. T. A., Rosmiati, R., Sanulita, H., Suhirman, L., Pangestu, L., Prisusanti, R. D., & Ahmad, A. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital: Teori dan Penerapan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Husna, A., Ilmi, N., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 76–86.

Indrawati, M. P. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2014). Models of Teaching. Pearson Education.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Siti Rohmatun, Mochamad Arifin Alatas, & Aria Indah Susanti. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa Siswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(SE-Articles), 349–366. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124

Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Unduhan

Diterbitkan

28-05-2025

Cara Mengutip

Pulungan, R., Harahap, T. R., & Adawiyah, R. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.534

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.