Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pace Terhadap Hasil Belajar Statistika

Penulis

  • Novita Aswan Universitas Graha Nusantara
  • Yusra Fadhillah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.94

Abstrak

Artikel ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model PACE Terhadap Hasil Belajar Statistika. Statistika menjadi salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat, dalam penelitian ini digunakan Model PACE. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experiment Design. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara yang mengambil mata kuliah Statistika. Analisis data penelitian dilakukan Uji Normalized Gain (N-Gain) Score yang dilanjutkan dengan uji t independent. Mahasiswa diberikan soal posttest kemudian pretest sebagai acuan analisis data penelitian. Hasil analisis data  untuk kelas ekperimen adalah sebesar 62,52% yang menunjukkan penggunaan model PACE cukup efektif. Sementara untuk analisis data kelas Kontrol adalah sebesar 10,12% yang menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional tidak efektif. Selanjutnya dari uji t independent test diperoleh tingkat signifikansi 0.00<0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh penerapan model PACE terhadap hasil belajar mahasiswa yaitu tingkat kenaikan hasil belajar sebesar 62,52% dari sebelumnya.

Kata Kunci:

model, PACE, hasil belajar, statistika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Listiani, T. (2020). Penggunaan Model PACE dalam Pembelajaran Geometri Topik Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 407–418.

Nasution, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pace Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa Smp Harapan Mekar Medan TP 2019/2020. Universitas muhammadiyah sumatera utara.

Raharjo, J. F. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Saintifik Model Pace Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. JIPMat; Vol 1, No 2 (2016)DO - 10.26877/Jipmat.V1i2.1240 . http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1240

Rahman, A., & Yunita, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pace Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa Di Kelas Vii Smp Materi Geometri.

Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221

Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

Suryana, A. (2015). Analisis Implementasi Model PACE pada Mata Kuliah Statistika Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 91–105.

Syafnidawaty. (2020). Penelitian Kuantitatif. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kuantitatif/

Yusuf, Y., Suyitno, H., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, I., & Jaenudin, A. (2021). Implementasi E-Learning Dengan Model Pace Berbantuan Modul Berbasis Masalah Pada Kondisi Pandemic Covid-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1 SE-Articles), 1–13. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.461

Unduhan

Diterbitkan

01-02-2022

Cara Mengutip

Aswan, N., & Fadhillah, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pace Terhadap Hasil Belajar Statistika. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.94

Terbitan

Bagian

Articles