Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pace Terhadap Hasil Belajar Statistika
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.94Kata Kunci:
model, PACE, hasil belajar, statistikaAbstrak
Artikel ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model PACE Terhadap Hasil Belajar Statistika. Statistika menjadi salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat, dalam penelitian ini digunakan Model PACE. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experiment Design. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara yang mengambil mata kuliah Statistika. Analisis data penelitian dilakukan Uji Normalized Gain (N-Gain) Score yang dilanjutkan dengan uji t independent. Mahasiswa diberikan soal posttest kemudian pretest sebagai acuan analisis data penelitian. Hasil analisis data untuk kelas ekperimen adalah sebesar 62,52% yang menunjukkan penggunaan model PACE cukup efektif. Sementara untuk analisis data kelas Kontrol adalah sebesar 10,12% yang menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional tidak efektif. Selanjutnya dari uji t independent test diperoleh tingkat signifikansi 0.00<0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh penerapan model PACE terhadap hasil belajar mahasiswa yaitu tingkat kenaikan hasil belajar sebesar 62,52% dari sebelumnya.
Unduhan
Referensi
Listiani, T. (2020). Penggunaan Model PACE dalam Pembelajaran Geometri Topik Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 407–418.
Nasution, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pace Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa Smp Harapan Mekar Medan TP 2019/2020. Universitas muhammadiyah sumatera utara.
Raharjo, J. F. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Saintifik Model Pace Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. JIPMat; Vol 1, No 2 (2016)DO - 10.26877/Jipmat.V1i2.1240 . http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1240
Rahman, A., & Yunita, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pace Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa Di Kelas Vii Smp Materi Geometri.
Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221
Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
Suryana, A. (2015). Analisis Implementasi Model PACE pada Mata Kuliah Statistika Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 91–105.
Syafnidawaty. (2020). Penelitian Kuantitatif. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kuantitatif/
Yusuf, Y., Suyitno, H., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, I., & Jaenudin, A. (2021). Implementasi E-Learning Dengan Model Pace Berbantuan Modul Berbasis Masalah Pada Kondisi Pandemic Covid-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1 SE-Articles), 1–13. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.461
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yusra Fadhillah, Novita Aswan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.