Pelatihan Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru

Penulis

  • Yuswin Harputra Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Yulia Rizki Ramadhani Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i1.4

Kata Kunci:

pelatihan, lesson study, profesionalisme guru

Abstrak

Program PKM ini bertujuan agar guru memahami konsep lesson study, mampu
melaksanakan lesson study. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan tahap persiapan
dan tahap pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan
lesson study serta implementasi lesson study. Pelatihan ini mampu meningkatkan minat
dan rasa percaya diri para guru untuk menjadi guru yang profesional. Hal ini terlihat
dari semangat dan ketekunan para peserta dalam mengikuti pelatihan hingga akhir.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Copriady, J. (2013) ‘The Implementation of Lesson Study Programme for Developing Professionalism in Teaching Profession’, Asian Social Science, 9. doi: 10.5539/ass.v9n12p176.

Fikri, K. (2014) ‘Implementasi Lesson Study Dalam Membentuk Learning Community di Program Studi Pendidikan Biologi’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikandan SAINS. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.

Indriyanto, D. (2012) ‘IMPLEMENTASI METODE LESSON STUDY GUNA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM STUDI STRATA 1 STIK DI AKPOL’, Tanggon Kosala, 1(2 SE-Research Article), pp. 250–264.

Perry, R. and Lewis, C. (2008) ‘What is successful adaptation of lesson study in the US?’, Journal of Educational Change, 10, pp. 365–391. doi: 10.1007/s10833-008-9069-7.

Podhorsky, C. and Fisher, D. (2007) ‘Lesson study: An Opportunity for Teacher Led Professional Development’, in Townsend, T. and Bates, R. (eds) Handbook of Teacher Education. Dordrecht: Springer Netherlands, pp. 445–456. doi: 10.1007/1-4020-4773-8_30.

Rock, T. C. and Wilson, C. (2005) ‘Improving teaching through lesson study’, Teacher education quarterly. JSTOR, 32(1), pp. 77–92.

Stigler, J. and Hiebert, J. (1999) The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving education in the classroom., The Free Press. New York.

Suratno, T. (2009) ‘Toward a Fruition of Lesson Study in Indonesia: The case of technical cooperation between Faculty of Mathematics and Science Education (FOMASE) UPI and Japan InternationalCooperation Agency (JICA)’, in Committee of International Symposium the Launching of Center for Research on InternationalCooperation in Educational Development (CRICED) Indonesia University of Education (UPI). New Paradigm of Education for Improving the Quality of Life.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2021

Cara Mengutip

Harputra, Y. dan Ramadhani, Y. R. (2021) “Pelatihan Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(1), hlm. 17–21. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i1.4.

Terbitan

Bagian

Artikel