Pelatihan Penyusunan Instrumen Hots (High Order Thinking Skill) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Bagi Guru-Guru SMA di Kota Padangsidimpuan

Penulis

  • Dharma Gyta Sari Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Kasmawati Universitas Graha Nusantara
  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i1.106

Kata Kunci:

Instrumen Berbasis Hots, Kemampuan Berpikir Kritis, Biologi

Abstrak

Instrumen merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu masalah yang terjadi di sekolah adalah instrumen yang disusun oleh guru masih cenderung lebih menguji aspek ingatan siswa dan belum berorientasi pada instrumen yang mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Beberapa alasan yang dikemukakan oleh guru adalah kurangnya pengetahuan, kemampuan serta keterampilan guru dalam menyusun instrumen yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa khususnya dalam mata pelajaran Biologi. Sehingga perlu dilakukan pelatihan terhadap guru-guru dalam menyusun instrumen tes berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru mata pelajaran Biologi SMA (Sekolah Menengah Atas) di Kota Padangsidimpuan dalam menyusun instrumen tes berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan proyek. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan yang dilakukan berjalan efektif dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru terkait bagaimana menyusun instrumen tes biologi berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. (2019). Critical Thinking: A Student’s Introduction (6th Edition). McGraw-Hill.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2005).

National Science Teacher Association. (2011). NSTA position statement: Quality science education and 21st-century skill. Science Education, Windschitl 2009, 1–4. https://www.nsta.org/nstas-official-positions

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-old know and what they can do with what they know. OECD Publishing.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Rineka Cipta.

Van de Walle, J. A., Bay-Williams, J. M., Karp, K. S., McGarvey, L. M., & Wray, J. A. (2017). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally, Fifth Canadian Edition. Pearson Education Canada.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2022

Cara Mengutip

Harahap, D. G. S. ., Kasmawati, & Nasution, E. S. (2022). Pelatihan Penyusunan Instrumen Hots (High Order Thinking Skill) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Bagi Guru-Guru SMA di Kota Padangsidimpuan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i1.106

Terbitan

Bagian

Artikel