Sosialisasi Pentingnya Literasi dalam Rangka Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i3.306Kata Kunci:
gadget, pendekatan, orangtuaAbstrak
Pembahasan mengenai hubungan antara membaca dengan gadget memiliki pentingnya karena pengaruh gadget terhadap generasi muda saat ini sangat signifikan, terutama dengan adanya teknologi digital. Oleh karena itu, perlu dilakukan metode pendekatan dan komunikasi secara pribadi dengan orangtua dan anak-anak di sekitar kelurahan Padangmatinggi dalam upaya mendidik dan mengarahkan anak-anak sejak dini. Orangtua memiliki peran penting dalam memberikan contoh sikap dan perilaku yang patut dicontoh oleh anak-anak mereka. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi pengaruh negatif gadget adalah: mendampingi anak, membuat kesepakatan mengenai waktu penggunaan gadget, mengarahkan anak untuk membuka fitur-fitur yang sesuai, memberikan contoh yang baik melalui peran orangtua, dan mengajak anak untuk bermain dan belajar bersama. Penting untuk memberikan pemahaman kepada anak bahwa penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak negatif, seperti masalah kesehatan pada mata dan eksposur terhadap konten yang tidak cocok untuk anak-anak. Orangtua juga harus mendampingi anak saat menggunakan gadget agar waktu yang digunakan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, Farid, Ibda, H. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Pilar Nusantara.
Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.
Mulyana, D. (2008). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhakim, S. (2015). Dunia komunikasi dan gadget: Evolusi alat komunikasi, menjelajah jarak dengan gadget. Zikrul Hakim Bestari.
Rizal, C., Rosyidah, U. A., Yusnanto, T., Muh. Rijalul Akbar, L. H., Setiawan, J., Ilham, A., Yunus, R., Anindya Khrisna Wardhani, E. R., Florianus Aloysius Nay, Joseph Dedy Irawan, Y. M., Asari, A., & Novita, Y. (2022). PENGERTIAN LITERASI DIGITAL. Literasi Digital, 1.
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140.
Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rini Kesuma Siregar, Erni Rawati Sibuea, Sri Utami Kholilah Mora Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.