Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Quiziz Kepada Peserta Didik SMA Negeri 1 Siabu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i4.577Kata Kunci:
Medan Magnetik, Quiziz, SosialisasiAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyakarat (PKM) ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi kepada peserta didik dalam penggunaan teknologi atau media aplikasi Quiziz di SMA Negeri 1 Siabu. Agar bisa membantu siswa dalam memahami materi pelajaran fisika, khususnya materi medan magnetik. Pelajaran fisika termasuk pelajaran yang susah dan tidak dimininati oleh peserta didik, karena penyampaian materi yang hanya berupa rumus yang sulit di pahami oleh peserta didik. Jadi, sangat di perlukan bantuan media dalam menyampaikan materi fisika agar tidak monoton dan membosankan bagi peserta didik. Salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh guru adalah penggunaan aplikais Quiziz. Aplikasi Quiziz merupakan media interaktif yang bisa digunakan untuk kuis, latihan soal dan evaluasi peserta didik. Soal atau kuis yang digunakan bisa dilihat oleh peserta didik skornya secara langsung dan guru bisa melihat jumlah jawaban yang benar yang di kerjakan oleh peserta didik . Selain itu bisa di atur waktu pengerjaannya agar perserta didik bisa lebih focus ketika menjawab soal yang diberikan oleh guru. Dan evaluasi pembelajaran Quiziz dapat dilihat data statistik kinerja perserta didik dalam file excel yang bisa di download oleh guru dari aplikasi tersebut. Lokasi tempat sosialiasi di lakukan di SMA Negeri 1 Siabu kelas XII. Hasil sosialisasi yang dilakukan diperoleh bahwa peserta didik merasa lebih semangat dan antusias ketika belajar fisika menggunakan aplikasi Quiziz dan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Dan aplikasi Quiziz mudah di akses oleh peserta didik dan juga guru.
Unduhan
Referensi
Dewi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika. Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Dewi, F.S., & Ismayati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik Berbasis Computer Assisted Intruction (CAI) di Univeristas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 08 (01), 133- 137.
Fadillah, R., Aisyah, & Siregar, E. (2025). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Tinkercad Kepada Peserta Didik Man 1 Mandailing Natal. KALANDRA : Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, 04 (01), 42-48.
Firmansyah, A., A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Game Quizizz pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al-Islah Sidowayah Pasuruan (Skripsi Sarjana: UIN Maulana Malik Ibrahim) hal. 2.
Maulida, N., F. (2024).Pengaruh Penggunaan Media Game Interaktif Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Getaran, Gelombang dan Cahaya di SMP Negeri 1 Silo Jember. UIN KH Achmad Siddiq Jember : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan.
Pratama, A. T., Nana & Sulistiayningsih, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Quiziz dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Fenomena Kuantum. Edu Fisika Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1). 35-40.
Rahim, R., & Rahman, M.,A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232- 238.
Rhiyanto, D., & Rachmadiarti, F.(2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada peserta didik kelas XII SMA/MA. Jurnal Bioedu Berkala Pendidikan Boilogi, 12(2).
Siregar, E., Fadilah, R., & Aisyah. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quiziz pada Materi Medan Magnetik. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 10(1), 248-254.
Siregar, E., & Fadilah, R. (2024). Pengembangan Media Canva Materi Listrik Statis. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 9 (1), 126-134.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aisyah, Evitamala Siregar, Rizki Fadilah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.