Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Tracker Di Sma IT Al-Husnayain Panyabungan

Penulis

  • Yenni Amalia Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Evitamala Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Rizki Fadilah Universitas Graha Nusantara
  • Aisyah Universitas Graha Nusantara
  • Sri Utami Kholilla Mora Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i3.396

Kata Kunci:

Tracker, Praktikum Fisika, Impuls dan Momentum

Abstrak

Kemajuan teknologi saat ini telah melahirkan berbagai inovasi, khususnya di bidang pembelajaran digital. Salah satunya adalah aplikasi pelacak yang sangat berguna dalam membantu pelaksanaan suatu praktikum fisika. Tujuan dilaksanakannya program pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa tentang cara menggunakan aplikasi tracker untuk memudahkan pelaksanaan praktikum fisika yang dapat dilakukan di kelas 10 SMA IT AL-Husnayain Panyabungan. Berdasarkan observasi, terlihat bahwa aplikasi tracker ini merupakan hal yang baru bagi siswa, sehingga sangat mempermudah pelaksanaan kegiatan praktikum dikelas. Evaluasi dan testimoni dari siswa mengungkapkan bahwa praktikum penggunaan aplikasi tracker ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pembelajaran aktif yang berpusat pada dirinya, khususnya dalam membuat desain praktikum dan menganalisis hasil praktikum serta aplikasi tracker ini dapat memberikan inovasi dalam pelaksanaan praktikum fisika di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, I.A.D. (2015). Penentuan Konduktivitas Termal Logam Tembaga, Kuningan, dan Besi dengan Metode Gandengan. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) ke 6. 6(1), 31.

Hara, A.K., Astiti, K.A., & Lantik, V. (2023). Analisis Pengua saan Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor Pasca Pembelajaran Online di Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 118.

Brown, D., & Cox, A. J. (2009). Innovative uses of video analysis. The Physics Teacher, 47(3), 145-150.

Tonya R. Tripp, “The Influence of Video Analysis on Teaching,” 2010.

Habibbulloh, M., & Madlazim, M. (2014). Penerapan metode analisis video software tracker dalam pembelajaran fisika konsep gerak jatuh bebas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 15-22.

T. Claessens, “Analyzing Virtual Physics Simulations with Tracker,” Phys. Teach., vol. 55, no. 9, pp. 558–560, 2017, doi: 10.1119/1.5011834.

Lana, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Problem Solving pada Peserta Didik Kelas VII Albaab Kota Ternate. Kuantum: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 1-16.

Jannah, R., & Haryadi, R. (2020). Pembelajaran Daring Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363.

Nurohman, S. 2017. Analisis Gerak Benda Menggunakan Program Tracker.Diunduh pada http://sabarnurohman.blogs.uny.ac.id/2017/08/25/analisis-gerak-benda-menggunakan-program-tracker/ Diakses tanggal 6 Januari 2019.

Unduhan

Diterbitkan

05/28/2024

Cara Mengutip

Siregar, Y. A., Siregar, E., Fadilah, R., Aisyah, & Siregar, S. U. K. M. (2024). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Tracker Di Sma IT Al-Husnayain Panyabungan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 140–144. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i3.396

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.