Pelatihan Kemampuan Menyimak dan Membaca Melalui Storytelling dan Pengadaaan Pojok Baca di Desa Kutaraja
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.594Kata Kunci:
literasi, Taman Bacaan Masyarakat, Pojok Baca, Storytelling, MenyimakAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan membaca di kalangan siswa SD melalui metode storytelling dan pengadaan Pojok Baca di Desa Kutaraja, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya minat baca dan keterampilan literasi di kalangan anak-anak. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, sosialisasi dengan masyarakat, pelatihan untuk relawan dan pendidik, serta penerapan teknologi untuk akses bahan bacaan. Pelaksanaan kegiatan melibatkan tim pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, serta partisipasi aktif dari pemerintahan desa, wali murid, dan siswa. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan minat baca dan keterlibatan masyarakat, dengan Pojok Baca yang berfungsi sebagai sumber belajar yang efektif. Melalui kegiatan ini, diharapkan komunitas dapat menciptakan budaya literasi yang berkelanjutan. Simpulan dari kegiatan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam mendukung pendidikan dan literasi, serta perlunya pengelolaan Pojok Baca secara berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan jangka panjang.
Unduhan
Referensi
Agustiana, V. (2024) “Pemberdayaan Pendidikan Melalui Pengadaan Buku Bacaan Perpustakaan Desa Jatimulya, Kuningan, Untuk Masa Depan Yang Unggul”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 4(2), hlm. 47–52. doi: 10.55266/pkmradisi.v4i2.436
Agustiana, V. (2023). Mengoptimalkan literasi masyarakat perdesaan melalui seminar pola asuh: Mendidik anak kembali ke fitrah. Abdimas Siliwangi, 6(3). https://doi.org/10.22460/as.v6i3.20330
Agustiana, V., Darsih, E., Rahmatunisa, W., Muawanah, A., Yasmin, A., Aldy, E., Saeila Azka, F., & Saputra, N. (2024). Fun English Holiday guna meningkatkan minat pembelajaran Bahasa Inggris bagi masyarakat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. 7(3), 538–547. https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25228
Agustiana, V., Rahmatunisa, W., & Octaviansyah, N. (2023). Kamuskun Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Kamuskun As A Web-Based English Learning Media To Improve Community Literacy. Journal Of Empowerment, 4(2). https://kamuskun-6k1d.glide.page/dl/3b1bc8.
Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212
Guo, Z., & Sidhu, S. (2024). From identity unbecoming to becoming: Duoethnography of multilingual and multicultural English language teacher identities. System, 121. https://doi.org/10.1016/j.system.2024.103246
Kristiawan, D., Ferdiansyah, S., & Picard, M. (2022). Promoting Vocabulary Building, Learning Motivation, and Cultural Identity Representation through Digital Storytelling for Young Indonesian Learners of English as a Foreign Language. Iranian Journal of Language Teaching Research, 10(1), 19–36. https://doi.org/10.30466/ijltr.2022.121120
Nugroho, M. A. B., Agustiana, V., Oktoma, E., & Bunaya, A. L. (2024). Digital Reading bagi Anak-Anak di Rumah Cerdas di Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 23–31. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2355
Oktoma, E., Aprianto, M., Nugroho, B., Agustiana, V., Rofiddin, M., & Linggar Bunaya, A. (n.d.). Menumbuhkan budaya literasi anak melalui rumah baca masyarakat. 6(1), 90–98. https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14543
Raihani, S., & Unsiah, F. (2024). Developing a Culture-Based Storybook for English for Young Learners (EYL). Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, Education, and Culture, ICOLLEC 2023, 25-27 October 2023, Bali, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.25-10-2023.2348264
Remal, R., Agustiana, V., Melinda Putri, R., & Nur Aisyah, P. (2025). Pelatihan public speaking berbasis storytelling untuk mendorong kepercayaan diri remaja di Kecamatan Kramatmulya. Abdimas Siliwangi, 8(2), 500–518. https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27286
Subardin, M., Imelda, I., Yuniarti, E., Suhel, S., Teguh, M., Kartasari, S. F., & Sari, K. (2023). Pojok Baca sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i1.1320
Turnip, G. T. R., Mahdiyah, F., Zulaikha, F., Rahma, F. W., & Agustiana, V. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi melalui Fun English Ramadhan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 111–118. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.508
Tasya Nurhafifah Manurung, N., Pratiwi, A. E. ., & Hidayah, A. S. . (2023). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Anak-anak Sekolah Dasar Melalui Program Pojok Baca di SDN 040527 Bersama Mahasiswa KKN UINSU 108 di Desa Tiga Panah kec.Tiga Panah Kab.Karo . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2642-2647. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1596
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Vina Agustiana, M. Aprianto Budie Nugroho, Fina Saeila Azka, Johan Sulaksana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.