Peningkatan Kemampuan Public Speaking bagi Pelajar SMA Yuppentek Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.602Kata Kunci:
Public Speaking, Senior High School Students Training, Communication Literacy, Community Service, TangerangAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan menjawab permasalahan rendahnya kemampuan public speaking pada pelajar SMA di Kota Tangerang. Kesenjangan antara kompetensi siswa dengan tuntutan industri mendorong perlunya pelatihan adaptif dan partisipatif. Program dilaksanakan di SMA Yuppentek Tangerang dengan pendekatan service learning dan participatory action research (PAR) melalui pelatihan, diskusi kelompok, dan simulasi. Sebanyak 85 siswa, guru pendamping, dan mitra eksternal terlibat aktif. Hasil pre–post test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep komunikasi, peran MC dan moderator, serta praktik berbicara di depan publik. Siswa melaporkan peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan menyampaikan ide di depan audiens. Kegiatan ini juga memperkuat jejaring kolaborasi antara sekolah, dosen, guru, dan pemangku kepentingan daerah. PkM ini tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga menanamkan keterampilan praktis relevan dunia kerja, mendukung Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU 3 dan IKU 7), serta kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM). Dengan pendekatan berbasis pengalaman dan keterlibatan stakeholder, kegiatan ini berkontribusi pada pembentukan generasi muda yang percaya diri, komunikatif, dan adaptif menghadapi tantangan masa depan.
Unduhan
Referensi
DeVito, J. A. (2009). The interpersonal communication book (13th ed.). Pearson.
Feldman, R. S. (2017). Understanding psychology (13th ed.). McGraw-Hill.
Fraenkel, J. R. (1977). How to teach about values: An analytic approach. Prentice-Hall.
Fridayanthi, D., & Puspawati, N. (2021). Public speaking as persuasive communication skill. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 55–67.
Kabar Daerah. (2025, April 23). Antusiasme siswa SMA di kegiatan PKM para dosen komunikasi. https://kabardaerah.com/2025/04/23/antusiasme-siswa-sma-di-kegiatan-pkm-para-dosen-komunikasi
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Lokananta, B. (2022). Membangun rasa percaya diri melalui pengalaman belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 77–89.
Lucas, S. E. (2012). The art of public speaking (11th ed.). McGraw-Hill.
Masduku, Rambat, N., Sasongko, & Widodo. (2009). Pelatihan kepemimpinan dasar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 115–126.
Mufti, A., Rahman, F., & Lestari, S. (2025). Partisipasi remaja dalam pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Pengabdian dan Kesehatan, 4(2), 90–99.
Norton, R. (1983). Communicator style: Theory, applications, and measures. SAGE Publications.
Octory, G. (2024). Strategi e-branding dalam meningkatkan brand awareness produk UMKM Kampung Dadap Kota Tangerang Selatan. Jurnal Visi Komunikasi.
Oktavianti, I., & Rusdi, A. (2019). Hambatan komunikasi siswa dalam public speaking. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 45–55.
Pinem, M., Mavianti, & Harfiani. (2019). Public speaking skills among students in Indonesia. Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–135.
RM.id. (2025, April 23). FIKOM UMB gelar PKM di SMA Yuppentek 1 Tangerang Kota. https://rm.id/lihat-foto/nasional/263014/fikom-umb-gelar-pkm-di-sma-yuppentek-1-tangerang-kota
Rusmana, D., Nugraha, R., & Pratama, Y. (2025). Kolaborasi digital dalam program pemberdayaan masyarakat. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 23(1), 11–24.
Sutopo, A. H. (2018). The effectiveness of public speaking training for high school students in Indonesia. Indonesian Journal of Educational Research, 6(2), 88–97.
Yulianto, B. (2022). Developing speaking skills through extracurricular activities in Indonesian high schools. Journal of Language and Education, 8(3), 134–145.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rosalia Dewi Arlusi, Gadis Octory, Afgiansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.