Peningkatan Kemampuan Public Speaking bagi Pelajar SMA Yuppentek Kota Tangerang

Penulis

  • Rosalia Dewi Arlusi Universitas Mercubuana
  • Afgiansyah Universitas Mercubuana
  • Gadis Octory Universitas Mercubuana

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.602

Kata Kunci:

Public Speaking, Senior High School Students Training, Communication Literacy, Community Service, Tangerang

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan menjawab permasalahan rendahnya kemampuan public speaking pada pelajar SMA di Kota Tangerang. Kesenjangan antara kompetensi siswa dengan tuntutan industri mendorong perlunya pelatihan adaptif dan partisipatif. Program dilaksanakan di SMA Yuppentek Tangerang dengan pendekatan service learning dan participatory action research (PAR) melalui pelatihan, diskusi kelompok, dan simulasi. Sebanyak 85 siswa, guru pendamping, dan mitra eksternal terlibat aktif. Hasil pre–post test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep komunikasi, peran MC dan moderator, serta praktik berbicara di depan publik. Siswa melaporkan peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan menyampaikan ide di depan audiens. Kegiatan ini juga memperkuat jejaring kolaborasi antara sekolah, dosen, guru, dan pemangku kepentingan daerah. PkM ini tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga menanamkan keterampilan praktis relevan dunia kerja, mendukung Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU 3 dan IKU 7), serta kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM). Dengan pendekatan berbasis pengalaman dan keterlibatan stakeholder, kegiatan ini berkontribusi pada pembentukan generasi muda yang percaya diri, komunikatif, dan adaptif menghadapi tantangan masa depan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rosalia Dewi Arlusi, Universitas Mercubuana

Rosalia Dewi Arlusi adalah dosen Fakulitas Ilmu Komunikasi dan seorang profesional media dengan pengalaman di industri penyiaran. Dia menjabat sebagai Head of Strategic Programming di Metro TV.  Tugas utamanya di posisi tersebut meliputi pengembangan dan pengelolaan strategi konten, perencanaan program-program unggulan, dan koordinasi tim editorial agar program siaran sesuai visi stasiun televisi.

Afgiansyah, Universitas Mercubuana

Dosen tetap Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta dan praktisi media digital dengan pengalaman luas dalam strategi konten dan manajemen komunikasi. Ia juga tercatat sebagai co-founder Proxymedia.id dan pernah aktif sebagai trainer serta konsultan di berbagai proyek pengelolaan media digital. Bidang keahliannya mencakup strategi media sosial, kampanye digital, komunikasi pemasaran terpadu, dan analisis budaya digital. Selain mengajar dan melatih, Afgiansyah menulis buku Pengelolaan Media Digital serta mempublikasikan sejumlah riset tentang model komunikasi digital, kampanye media sosial, dan strategi PESO yang relevan untuk pengembangan UMKM serta organisasi publik

Referensi

DeVito, J. A. (2009). The interpersonal communication book (13th ed.). Pearson.

Feldman, R. S. (2017). Understanding psychology (13th ed.). McGraw-Hill.

Fraenkel, J. R. (1977). How to teach about values: An analytic approach. Prentice-Hall.

Fridayanthi, D., & Puspawati, N. (2021). Public speaking as persuasive communication skill. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 55–67.

Kabar Daerah. (2025, April 23). Antusiasme siswa SMA di kegiatan PKM para dosen komunikasi. https://kabardaerah.com/2025/04/23/antusiasme-siswa-sma-di-kegiatan-pkm-para-dosen-komunikasi

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Lokananta, B. (2022). Membangun rasa percaya diri melalui pengalaman belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 77–89.

Lucas, S. E. (2012). The art of public speaking (11th ed.). McGraw-Hill.

Masduku, Rambat, N., Sasongko, & Widodo. (2009). Pelatihan kepemimpinan dasar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 115–126.

Mufti, A., Rahman, F., & Lestari, S. (2025). Partisipasi remaja dalam pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Pengabdian dan Kesehatan, 4(2), 90–99.

Norton, R. (1983). Communicator style: Theory, applications, and measures. SAGE Publications.

Octory, G. (2024). Strategi e-branding dalam meningkatkan brand awareness produk UMKM Kampung Dadap Kota Tangerang Selatan. Jurnal Visi Komunikasi.

Oktavianti, I., & Rusdi, A. (2019). Hambatan komunikasi siswa dalam public speaking. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 45–55.

Pinem, M., Mavianti, & Harfiani. (2019). Public speaking skills among students in Indonesia. Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–135.

RM.id. (2025, April 23). FIKOM UMB gelar PKM di SMA Yuppentek 1 Tangerang Kota. https://rm.id/lihat-foto/nasional/263014/fikom-umb-gelar-pkm-di-sma-yuppentek-1-tangerang-kota

Rusmana, D., Nugraha, R., & Pratama, Y. (2025). Kolaborasi digital dalam program pemberdayaan masyarakat. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 23(1), 11–24.

Sutopo, A. H. (2018). The effectiveness of public speaking training for high school students in Indonesia. Indonesian Journal of Educational Research, 6(2), 88–97.

Yulianto, B. (2022). Developing speaking skills through extracurricular activities in Indonesian high schools. Journal of Language and Education, 8(3), 134–145.

Unduhan

Diterbitkan

09/26/2025

Cara Mengutip

Dewi Arlusi, R., Afgiansyah, & Octory, G. (2025). Peningkatan Kemampuan Public Speaking bagi Pelajar SMA Yuppentek Kota Tangerang. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 216–225. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.602

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.