Model Brain Based Learning Berbasis Google Classroom Untuk Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Era Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.108Kata Kunci:
Brain Based Learning, Google Classroom, Komunikasi Matematis, Pandemi Covid 19Abstrak
Pendemi Covid 19 yang sudah melanda dunia lebih dari 2 tahun ini sangat berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan saat ini. Proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam ruangan kelas akibat dari pandemi ini harus dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan demi mendukung program pemerintah dalam menekan penularan virus covid 19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa di era pandemi covid 19 dengan model brain based learning berbasis google cassroom di SMP Negeri 8 Satu Atap Sipirok. Hasil Penelitian ini mendiskripsikan bahwa model barain based learning berbasis google classroom dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di era pandemi covid 19 pada kategori baik. Penelitian ini menggunakan penelian kuantitatif dengan desain penelitian pre ekperimental desain. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika yang dapat diakses di google classroom. Untuk analisis data kemampuan komunikasi matematis terhadap model brain based learning menggunakan uji t.
Unduhan
Referensi
Baroody, A. J. (1993) Problem solving, reasoning, and communicating, K-8: helping children think mathematically. New York: Merrill.
Kemendikbud (2016) Permendikbud nomor 22 tahun 2016 standar proses pendidikan dasar dan menengah.
Midgett, C. W. and Eddins, S. K. (2001) ‘NCTM ’ s Principles and Standards for School Mathematics : Implications for Administrators’, (623), pp. 35–42.
Purwati, H. and Wuri, D. (2019) ‘Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Gaya Belajar Kompetitif’, Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4, pp. 17–23. doi: 10.31316/j.derivat.v4i2.155.
Sugiyono (2017) metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukoco, H. and Mahmudi, A. (2016) ‘Pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMA’, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), pp. 11–24.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lisna Agustina, Yulia Anita Siregar, Nursahara
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.