Internalisasi Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis

Penulis

  • Sehat Mita Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara
  • Rosina Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Annisa Hasanah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.438

Kata Kunci:

Pendidikan Kewarganegaraan, Internalisasi Nilai, Nilai-Nilai Nasionalisme, Dampak pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai cinta tanah air melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai cinta tanah air di sekolah ini belum optimal, dengan metode pembelajaran yang kurang variatif seperti ceramah dan diskusi yang dinilai kurang efektif. Hambatan lain termasuk keterbatasan fasilitas, mismatch kompetensi guru, dan minimnya akses internet. Upaya perbaikan telah dimulai dengan revitalisasi kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka dan OSIS, serta kolaborasi dengan pihak eksternal seperti TNI, Polisi, dan BNN untuk meningkatkan disiplin dan nasionalisme.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fitrya, S. R. (2018). Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab dengan Media Infokus untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dikelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. UPT. Perpustakaan.

Gusty, S., Hidayat, A., Tandungan, E. S., Tikupadang, W. K., Ahmad, S. N., Tumbo, A., Abdin, M., Syafar, A. M., Rais, M., & Artawan, I. P. (2023). Merayakan Kemerdekaan (Refleksi Dosen dalam Membangun Generasi Penerus Bangsa). TOHAR MEDIA.

Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Darussalam Publishing.

Ismawati, Y. T., & Suyanto, T. (2015). Peran guru pkn dalam membentuk sikap cinta tanah air siswa di sma negeri 1 mojosari kabupaten mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 833.

Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210–224.

Lestari, G. (2016). Bhinnekha tunggal ika: Khasanah multikultural indonesia di tengah kehidupan SARA. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(1).

Miswanto, M., & Halim, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 5(4), 17279–17287.

Mitha, M. (2014). Internalisasi nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn pada siswa MAN 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8).

Nasution, T. (2017). Konsep dasar pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter siswa. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2).

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Syifa Nur, R. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Arbain Nawawi Di Pondok Pesantren Roudlotul ‘Uluum Balong, Banyumas. UIN PURWOKERTO.

Vianata, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesian Journal of History Education, 1(1).

Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai karakter pada siswa SMP dalam perspektif fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2).

Yullianingtyas, E. H., & Arif, D. B. (2015). Sikap nasionalisme anggota karang taruna desa karanglo argomulyo sedayu bantul yogyakarta. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

ZIDNI, M. (2018). Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Ekstrakurikuler Drumband Di Sdn Bandar 1 Pacitan. IAIN Ponorogo.

Unduhan

Diterbitkan

02-02-2025

Cara Mengutip

Mita, S., Hasugian, A., Harahap, R., & Hasanah, A. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.438

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.