Kesalahan Penggunaan Pronomina Tanya “Di Mana” Dan “Bagaimana” Pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa

Penulis

  • Nahnu Robid Jiwandono Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.399

Kata Kunci:

pronomina tanya, tata bahasa, karya tulis ilmiah, analisis kesalahan, bahasa Indonesia baku

Abstrak

Penggunaan pronomina tanya yang tepat dalam bahasa Indonesia merupakan elemen kritikal dalam penulisan karya tulis ilmiah untuk mengkomunikasikan maksud yang jelas dan tepat kepada pembaca. Penelitian ini berfokus pada kesalahan penggunaan pronomina tanya "di mana" dan "bagaimana" dalam karya tulis ilmiah mahasiswa, yang seringkali digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis data model interaktif, yang mengevaluasi kesalahan dan penyebabnya melalui pengamatan langsung terhadap teks mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan pronomina tanya “di mana” dan “bagaimana” pada karya tulis ilmiah mahasiswa. Kesalahan yang ditemukan pada karya tulis ilmiah mahasiswa ini tentu saja disebabkan oleh banyak faktor, seperti: kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang tata bahasa Indonesia, pengaruh dari karya tulis dan lisan yang dibaca atau didengar mahasiswa, atau juga karena pengaruh tata bahasa dari bahasa asing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anjarsari,/1N. , Suwandi S., & Mulyono, S. (2012). Analisis/1Kesalahan/1Pemakaian/1Bahasa/1Indonesia/1dalam/1Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Basastra, 1(2), 1-13.

Ansoriyah,/1S./1& Rahmat, A. (2018)./1Peningkatan/1Kemampuan/1Menulis/1Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Pembuatan Media Story Board. Aksis:/1Jurnal/1Pendidikan/1Bahasa/1dan/1Sastra/1Indonesia, 2(1), 29-46. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020103

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Basastra,1(1),130–141. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2089/1519

Badudu, J. S. (1985). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y. S., (eds). (2009). Handbook of qualitative research. Terj. Daryatmo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajarya, N. & Umar, A. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai Tahun Pembelajaran 2016/2017. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 70–79. https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6378

Hamlan, K., & Karim, A. (2018). Analisis Kesalahan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(3), 1–12.

Kaharuddin, Nikmala Nemin. (2018). Kendala Kebahasaan dalam Penulisan Karya Ilmiah Berupa Skripsi Bagi Mahasiswa. Jurnal Idiomatik, 1(1), 41-46. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/197/102

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moeliono, A.M., Lapoliwa, H., Alwi, H., Sasangka, S.S.T.W., & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Muljana, S. (1957). Kaidah Bahasa Indonesia II. Jakarta: Djambatan.

Richard,/1J.C.,/1et/1al. (1985). Longman/1Dictionary/1of/1Language/1Teaching/1and/1Applied Linguistics. London: Longman.

Saha, S., & Wuryaningrum, R. (2021). Kesalahan Berbahasa pada Bahasa Melayu di Thailand dan/1Solusinya/1dalam/1Perspektif/1Hasil/1Studi/1di/1Indonesia. Nuances/1of/1Indonesian Language, 2(2), 100–108. https://doi.org/10.51817/nila.v2i2.107

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syafi’i, B.A, Niha, I.K. & Nisaa, S. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi dalam Penulisan Makalah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1). DOI: 10.23917/humaniora.v22i1.8153

Wahyu & Harisah. (2017). Analisis Kesalahan Kalimat Efektif Ditinjau dari Segi Kehematan dan Kelogisan Pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Bahasantodea, 5(3),13-22.

Unduhan

Diterbitkan

03-07-2024

Cara Mengutip

Jiwandono, N. R. (2024). Kesalahan Penggunaan Pronomina Tanya “Di Mana” Dan “Bagaimana” Pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 33–40. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.399

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.