Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Drama Teater: Strategi Meningkatkan Kompetensi Komunikatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.539Kata Kunci:
drama teater, kemampuan berkomunikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia, ekspresi lisanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa melalui pembelajaran drama teater dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 7 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2024/2025. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 58,5 pada pratindakan menjadi 72,67 pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 85,5 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 13,33% pada pratindakan menjadi 90% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis drama teater efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa secara lisan, terutama dalam menyampaikan ekspresi, ide, dan emosi secara lebih terstruktur dan percaya diri.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. In Rineka Cipta (Ed Revisi). Rineka Cipta.
Dalman, H. (2024). Keterampilan Berbicara. CV. AZKA PUSTAKA.
Haris, A., Purba, A. O., Syuhada, A. D., Situmorang, D., Tarigan, N. H. M., & Harahap, S. H. (2024). Pengaruh Pembelajaran Drama Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 731–736.
Hidajad, A. (2024). TEATER PENDIDIKAN. Penerbit Tahta Media.
Hiqmah, M., Hadi, S., Sa’diyah, L., & Hermawan, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pementasan Drama di MA Al-Muslihuun Tlogo. Cakrawala Indonesia, 9(2), 213–225.
Karmisah, K., Rahimin, S. M., & Natuna, U. (2024). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM ATH-THAYYIBAH. Jurnal Agilearner, 2(1).
Manistaufia, A. (2020). Komunikasi Total Orang Tua dan Anak Tunarungu dalam Penyampaian Nilai-Nilai Islam. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
Novriadi, F., Mayar, F., & Desyandri, D. (2023). Memperkenalkan Drama Musikal Untuk Membangun Kreativitas Dan Kepercayaan Diri Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5757–5768.
Pasaribu, N., Nasution, F., & Caniago, E. (2025). Analisis Kemampuan Siswa dalam Mengapresiasi Naskah Drama di Kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(1 SE-), 75–82. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.530
Tsurayya, N. A. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Materi Drama pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 3 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023.
Urfa, M., Fitri, R. R., Herda, S. N., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kendala dan Solusi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Tantangan Global. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(4), 24–30.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society (null (ed.)).
Wicaksono, G. (2013). Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X multimedia SMK IKIP Surabaya. State University of Surabaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rosmi Viola Piliang, Fauziah Nasution, Elnila Caniago

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.