Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Drama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Panyabungan Tahun Pelajaran 2024/2025

Penulis

  • Putri Anggina Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.542

Kata Kunci:

keterampilan berbicara, Metode bermain drama, pembelajaran bahasa indonesia, tindakan kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode bermain drama pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Panyabungan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa kemampuan berbicara siswa masih rendah, ditunjukkan oleh rata-rata nilai pra-siklus sebesar 43,8 yang tergolong dalam kategori kurang dan tidak ada siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen tes dan non-tes, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa menjadi 71,1 pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 62,32%. Selain peningkatan nilai, juga terjadi perubahan positif dalam sikap dan partisipasi siswa selama pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa metode bermain drama efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan layak diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah kejuruan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).

Chadijah, S. (2023). Upaya guru meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan metode role playing pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161–174.

Kusuma, D. C., & Sri Hartini, S. H. (2022). Penerapan Metode Sosiodrama Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sawahan Kecamatan Juwiring. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Naiborhu, R. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui metode bermain peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 7–12.

Rosalinda, R. (2014). Keefektifan teknik role playing untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas x akuntansi smk negeri 4 Klaten.

Tarigan, henry G. (2008). membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Ulfah, S. M., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83–91.

Unduhan

Diterbitkan

03-06-2025

Cara Mengutip

Anggina, P., Nasution , F., & Harahap, T. R. (2025). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Drama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Panyabungan Tahun Pelajaran 2024/2025. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 132–138. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.542

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.