Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidempuan Tahun Ajaran 2023–2024
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.531Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia, Asesmen, Pembelajaran Aktif, Profil PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidempuan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan dilakukan secara mandiri oleh guru melalui penyusunan Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan metode pembelajaran aktif seperti inkuiri dan make a match, serta memanfaatkan media digital seperti proyektor dan video pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan pendekatan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Meskipun implementasi Kurikulum Merdeka telah menunjukkan dampak positif terhadap partisipasi siswa, tantangan masih muncul dalam penanaman nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas guru dan sinergi antara semua elemen sekolah untuk mengoptimalkan keberhasilan Kurikulum Merdeka secara berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Ali, Aisyah, Apriyanto Apriyanto, Titik Haryanti, and Hidayah Hidayah. 2024. Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Creswell, John W., and Vicki L. Plano Clark. 2017. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage publications.
Herianto, Edy. 2004. “Otonomi Guru Pada Era Kurikulum Berbasis Kompetensi.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 11(1):102106.
Marpaung, Roberto W. 2024. “Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Siswa Di Era Digital.” Indonesian Research Journal on Education 4(2):550–58.
Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.
Millah, Dliyaul. 2015. “AUDIENCE CENTERED PADA METODE PRESENTASI SEBAGAI AKTUALISASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(2). doi: 10.21043/edukasia.v10i2.794.
Ningtyas, Pranistya Dwi Ayu Mutiara, and Ni Kadek Juliantari. 2022. “Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pengembangan Potensi Pesera Didik.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 5(4):329–41.
Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods. Vol. 3. Sage.
Raharjo, R., E. Jayadiputra, L. Husnita, K. Rukmana, Y. S. Wahyuni, N. Nurbayani, S. Salamah, S. Sarbaitinil, R. Nazmi, and D. Djakariah. 2023. PENDIDIKAN KARAKTER Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rani, Prisca Regina Putri Novia, Maduki Asbari, Vincensius Dandi Ananta, and Ilham Alim. 2023. “Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran Yang Relevan, Sederhana, Dan Fleksibel.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2(6):78–84.
Sos, Iswahyudi S. 2023. “Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects.” Jurnal Pendidikan 32(1):63–74.
Utami, Putri Rizki, Lili Rahmawati, and Meri Noktaria. 2025. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN SOFT SKILL DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA : TINJAUAN LITERATUR.” MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 5(1):55–65. doi: 10.51878/manajerial.v5i1.4734.
Wardani, Dewi Ayu Wisnu. 2023. “PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA.” Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu 4(1):1–17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Isna Sari, Fauziah Nasution, Elnila Caniago

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.