Analisis Strategi Pemahaman Membaca teks Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Graha Nusantara

Penulis

  • Elissa Evawani Tambunan Universitas Graha Nusantara
  • Yuswin Harputra Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/mindjournal.v3i1.252

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi penggunaan teknik dan strategi membaca teks bahasa inggris dalam meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan teks bahasa inggris mahasiswa.Studi ini mengeksplorasi apakah mahasiswa menggunakan strategi membaca untuk membantu dalam pemahaman membaca teks bahasa inggris. Terdapat 106 sampel yang merupakan mahasiswa program studi Pendidikan bahasa inggris FKIP Universitas Graha Nusantara. Instrument dalam penelitian ini menggunakan 30 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UGN menggunakan tiga strategi membaca yaitu strategi membaca global (GLOB), strategi pemecahan masalah (PROB) dan strategi pendukung (SUPP). Penggunaan ketiga strategi membaca tersebut termasuk dalam kategori Moderate (sedang) karena hasil rata-rata skor keseluruhan adalah 3,12.

Kata Kunci:

strategi membaca, teks bahasa inggris, SOSR

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, R. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III MIMA 30 Bustanul Ulum Tegalsari Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Dabarera, C., Renandya, W. A., & Zhang, L. J. (2014). The impact of metacognitive scaffolding and monitoring on reading comprehension. System, 42, 462–473. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.system.2013.12.020

Djiwandono, P. I. (2001). Strategi Membaca Bhs. Inggris. Gramedia Pustaka Utama.

Hardianto, D. (2011). Studi tentang minat baca mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Harras, K. A. (2014). Hakikat dan Proses Membaca. Hakikat Dan Proses Membaca, 1(1), 56.

Hermawan, N. F. (n.d.). TEKNIK-TEKNIK DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Kuswoyo.

Kusni, K. (2000). Persepsi Mahasiswa Baru Jurusan Bahasa Inggris terhadap Pengajaran Membaca Pemahaman Bahasa Inggris di SMU.

Kusni, K., Zaim, M., Syarif, H., & Adnan, A. (1995). Studi Deskriptif: Strategi Pengajaran Membaca Pemahaman Teks Bahasa Inggris di Jurusan Bahasa Inggis Perguruan Tinggi Negeri Sumatera Barat.

Mokhtari, K., & Sheorey, R. (2002). Measuring ESL students’ awareness of reading strategies. Journal of Developmental Education, 25(3), 2–11.

Mudra, H. (2018). Metacognitive online reading strategies among pre-service EFL teachers in Indonesia. Educational Process: International Journal (EDUPIJ), 7(2), 151–164.

Muhsyanur, S. P. (2019). Pengembangan Keterampilan Membaca: Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Uniprima Press.

Mujahidil, M. (2017). Sistem Pembelajaran Remedial Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).

Putri Liani, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA ASPEK KETERAMPILAN MEMBACA PADA TINGKAT PEMULA DI SDN 94 KAUR. IIAin Bengkulu.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rosada, B. (2017). METODE PEMBELAJARAN QIRĀ’AH DI KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA PERSPEKTIF ALBERT BANDURA. Tesis.

Shofiah, N. (2018). Pertimbangan pemilihan teks bacaan dalam pengajaran dan pembelajaran membaca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1(1).

Soendari, T. (2012). Metode penelitian deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1–49.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tavakoli, H. (2014). The Effectiveness of Metacognitive Strategy Awareness in Reading Comprehension: The Case of Iranian University EFL Students. THE READING MATRIX, 14, 314–336.

Yousefian, V. (2015). Reading Strategies Used by Iranian EFL Learners While Reading Academic Texts. Journal of English Language Pedagogy and Practice, 8(17), 192–204. https://jal.tabriz.iau.ir/article_525471.html

Yüksel, I., & Yüksel, I. (2012). Metacognitive awareness of academic reading strategies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 894–898. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.164

Yuwono, U., & Lauder, M. R. M. T. (2005). Pesona bahasa: langkah awal memahami linguistik. Gramedia Pustaka Utama.

Unduhan

Diterbitkan

18-01-2023

Cara Mengutip

Tambunan, E. E., & Harputra, Y. (2023). Analisis Strategi Pemahaman Membaca teks Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Graha Nusantara. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.55266/mindjournal.v3i1.252

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama