Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dengan Sikap Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 1 Batang Natal

Penulis

  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara
  • Saiful Bahri Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Annisa Hasanah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.622

Kata Kunci:

Kepramukaan, Kegiatan Ekstrakurikuler, Sikap Nasionalisme, Pendidikan Karakter

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dan sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Batang Natal. Latar belakang penelitian dilandasi oleh pentingnya penguatan karakter kebangsaan di tengah tantangan globalisasi dan melemahnya kesadaran nasionalisme pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri atas 36 siswa kelas VIII dan IX yang diambil secara total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup berjumlah 20 item yang mengukur variabel kegiatan kepramukaan dan sikap nasionalisme. Analisis data dilakukan melalui tabulasi skor dan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi r = 0.430, yang berada pada kategori hubungan sedang, serta signifikan pada taraf kepercayaan 95% (r tabel = 0.339). Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan kepramukaan memiliki peran positif terhadap pembentukan sikap nasionalisme siswa, meskipun efektivitasnya dipengaruhi oleh ketidakteraturan pelaksanaan kegiatan dan minimnya pembinaan spiritual. Penelitian ini menegaskan bahwa kepramukaan merupakan sarana strategis dalam pendidikan karakter yang perlu dikelola secara berkesinambungan agar mampu meningkatkan nasionalisme generasi muda.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiyanto, A. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. RajaGrafindo Persada.

Chotib, & Djazuli, A. (2017). Pendidikan Pancasila. Prenadamedia Group.

Dewi, N. P. (2020). The role of scouting activities in strengthening students' nationalism values. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 245–256. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.12345

Fitri, H., & Nasution, I. (2022). Tantangan nasionalisme generasi Z di era globalisasi digital. Jurnal Civic Education, 6(1), 55–68.

Ghani, A. (2015). Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme Indonesia. Pustaka Setia.

Gerungan, W. A. (2019). Psikologi Sosial. PT Refika Aditama.

Goleman, D. (2019). Kecerdasan Ganda: Emosional, Sosial, dan Spiritual. Gramedia.

Hadi, A. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Kebangsaan. Bumi Aksara.

Hoon, C. Y. (2019). Contesting culture and religion: Youth nationalism in Indonesia. Asian Journal of Social Science, 47(3), 356–378. https://doi.org/10.1163/15685314-04703003

Kansil, C. S. T. (2018). Hukum dan Ketatanegaraan Republik Indonesia. Pradnya Paramita.

Listyarti, R. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Nasional. Kompas.

Mar’at. (2018). Sikap Manusia: Perubahan dan Pengukurannya. Ghalia Indonesia.

Nawawi, H. (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.

Putra, R., & Winarni, E. (2020). Pengaruh keaktifan pramuka terhadap karakter nasionalisme peserta didik. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 29–37.

Rahmawati, L., Yuliana, V., & Prasetyo, H. (2021). The contribution of scout extracurricular activities to students’ nationalism character. International Journal of Educational Research Review, 6(4), 356–365. https://doi.org/10.24331/ijere.123456

Sari, D., & Widodo, S. A. (2021). Implementation challenges of scouting as mandatory extracurricular activity. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 587–600. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.123456

Subroto, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Yudohusodo, S. (2015). Membangun Karakter Bangsa melalui Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

12-07-2022

Cara Mengutip

Hasugian, A., Nasution, S. B., & Hasanah, A. (2022). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dengan Sikap Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 1 Batang Natal. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 2(2), 103–113. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.622

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.