Pengaruh Penguasaan Konsep Sejarah terhadap Pemahaman Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Timur
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.527Kata Kunci:
Penguasaan konsep sejarah, pemahaman kronologi, pembelajaran sejarah, Proklamasi KemerdekaanAbstrak
Pemahaman kronologi sejarah merupakan salah satu indikator penting dalam penguasaan sejarah oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penguasaan konsep sejarah terhadap pemahaman kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional, melibatkan 44 siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan uji statistik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara penguasaan konsep sejarah dengan pemahaman kronologi peristiwa sejarah, dengan nilai korelasi sebesar 0,456 dan hasil uji-t sebesar 3,320 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penguasaan konsep sejarah, semakin baik pula pemahaman siswa terhadap kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran sejarah yang menekankan pemahaman konseptual agar siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir historis yang lebih baik.
Unduhan
Referensi
Ahyani, Nur. 2014. “Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah.” in Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014. Sebelas Maret University.
Azizeh, Siti Nur. 2021. “Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Bercerita Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 7(1):88–114.
Creswell, John W. 2020. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Higher Ed.
Dethan, Delsy Asriyani. 2012. “Pembelajaran Sejarah Pada Kelas Akselerasi (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kupang).”
Hutauruk, Ahmad Fakhri, Andres M. Ginting, Ease Arent, and Lamser Dabukke. 2024. “Menganalisis Implementasi Konstruksi Berpikir Historis Dalam Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah Di Universitas Simalungun.” Islamic Education 4(2):74–81.
Kaviza, M., Shaharudin Saad, and Asiah Dahaman. 2021. “Kesan Pembelajaran Abad Ke-21 Melalui Aplikasi Google Classroom Terhadap Penguasaan Pengetahuan Sejarah: The Impact of 21st Century Learning via Google Classroom Application towards Achievement on Acquisition of Historical Knowledge.” Journal of ICT in Education 8(1):92–103.
Khotimah, Ulfa Khusnul, Siti Zulaiha, and H. M. Amrillah. 2023. “Strategi Guru Dalam Menguatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Di Kelas V SD Negeri I Air Deras Kabupaten Musi Rawas.”
Lestari, Happy Nova. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL-ISHLAH LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023.” UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Mahmudi, Agus Rahmat, and Andy Suryadi. 2024. “Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran Sejarah.” Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora 7(1):480–96.
Puspitasari, Endang Wahyuni, Nur Fadliyah, and Etty Ratnawati. 2024. “`WORD WALL SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DALAM MENGAJARKAN MATERI TENTANG PERLAWANAN TERHADAP KOLONIALISME DAN IMPERALIALISME DI INDONESIA`.” JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora 1(2):9–20.
Saefurohman, Asep, and Nurmala Sari. 2020. “Analisis Deskriptif Rendahnya Hasil Belajar Sejarah Kelas V SD Panancangan 4 Kota Serang.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education).
Sarumaha, Margaretha Taniria, Sariyatun Sariyatun, and Susanto Susanto. 2022. “Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Pengembangan Kesadaran Sejarah Bangsa Melalui Pendidikan Karakter Pancasila.” Pp. 111–17 in Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 5.
Sinurat, Gabriel Joey Febriand, Tri Indah Prasasti, Ruth Debora Rumahorbo, Tatiah Anisah Lumbangaol, Sitevis Ndruru, and Yosua Solafide Sinaga. 2025. “PERAN TEKS ULASAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONTEKSTUAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TERHADAP PRASEJARAH INDONESIA.” Edukreatif: Jurnal Kreativitas Dalam Pendidikan 6(2).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep Dasar Metode Penelitian Kuantitatif. repository.uki.ac.id.
Susanto, Heri. 2020. “Pedagogi Sejarah, Nasionalisme Dan Karakter Bangsa.”
Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society. edited by null.
Wardani, Dani. 2016. “Reenactment Nilai-Nilai Kepahlawanan Melalui Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Metode Histrionik.” SUSURGALUR 4(1).
Wasino, M., and Hartatik Endah Sri. 2018. “Metode Penelitian Sejarah: Dari Riset Hingga Penulisan.”
Yasin, Fajar Nur. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Time Line Chart Terhadap Hasil Belajar IPS Tema Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 1(1):40–53.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Sudirman, Burhanuddin Nasution, Siti Maryam Pane

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.