Integrasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Swasta Muhammadiyah 41 Batangtoru
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.497Kata Kunci:
Pendidikan Multikultural, Pembelajaran IPS Terpadu, Integrasi KurikulumAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Swasta Muhammadiyah 41 Batangtoru Tahun Ajaran 2020-2021. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS Terpadu berkontribusi terhadap peningkatan toleransi antar siswa. Pembelajaran berbasis multikultural dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik yang menekankan sejarah lokal serta peristiwa nasional yang mencerminkan keberagaman. Kesimpulannya, penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS Terpadu memiliki dampak positif dalam membangun kesadaran siswa terhadap keberagaman budaya, agama, dan etnis.
Unduhan
Referensi
Banks, J. A. (2009). Multicultural education: Issues and perspectives. John Wiley & Sons.
Tovita, A. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP Harapan Bangsa, Modernland, Kota Tangerang Tahun Ajaran 2015/2016. UIN Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40308
Hidayah, L. (2017). Integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS terpadu dalam mengamalkan nilai-nilai moral siswa kelas VII di MTsN Kota Probolinggo. UIN Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/9281/
Perdana, Y., Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/297181679.pdf
Tovita, A. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Harapan Bangsa, Modernland, Kota Tangerang Tahun Ajaran 2015/2016. UIN Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40308
Wibowo, G. A., & Akob, B. (2015). Pembelajaran Multikultural Pada Siswa SMP Sebagai Upaya Meningkatkan Nasionalisme. LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/556
Siregar, S., & Susilawati, A. (2019). Relasi Agama, Budaya Dan Bahasa: Model Integrasi Pendidikan Islam dan Multikulturalisme pada Matakuliah Bahasa Inggris di IAIN Metro. Metro University Repository. Retrieved from http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7473/
Ansori, Y. Z., Budiman, I. A., & Nahdi, D. S. (2019). Islam dan pendidikan multikultural. Jurnal Cakrawala Pendas. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/457634
Januarti, A., Zakso, A., & Supriadi, S. (2019). Implementasi pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Teluk Keramat. Proceedings International Conference on Education. Retrieved from https://www.academia.edu/download/90024251/75676584444.pdf
Perdana, Y., Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi sosiokultural siswa dalam pendidikan multikultural melalui pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/297181679.pdf
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan multikultural: Penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261
Syahrial, S., & Kurniawan, A. R. (2019). Strategi guru dalam menumbuhkan nilai kebersamaan pada pendidikan multikultural di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/8455
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rini Astika Dewi, Cipto Duwi Priyono, Siti Maryam Pane

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.