Integrasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Swasta Muhammadiyah 41 Batangtoru

Penulis

  • Rini Astika Dewi Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Universitas Graha Nusantara
  • Cipto Duwi Priyono Universitas Graha Nusantara
  • Siti Maryam Pane Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.497

Kata Kunci:

Pendidikan Multikultural, Pembelajaran IPS Terpadu, Integrasi Kurikulum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Swasta Muhammadiyah 41 Batangtoru Tahun Ajaran 2020-2021. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS Terpadu berkontribusi terhadap peningkatan toleransi antar siswa. Pembelajaran berbasis multikultural dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik yang menekankan sejarah lokal serta peristiwa nasional yang mencerminkan keberagaman. Kesimpulannya, penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS Terpadu memiliki dampak positif dalam membangun kesadaran siswa terhadap keberagaman budaya, agama, dan etnis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Banks, J. A. (2009). Multicultural education: Issues and perspectives. John Wiley & Sons.

Tovita, A. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP Harapan Bangsa, Modernland, Kota Tangerang Tahun Ajaran 2015/2016. UIN Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40308

Hidayah, L. (2017). Integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS terpadu dalam mengamalkan nilai-nilai moral siswa kelas VII di MTsN Kota Probolinggo. UIN Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/9281/

Perdana, Y., Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/297181679.pdf

Tovita, A. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Harapan Bangsa, Modernland, Kota Tangerang Tahun Ajaran 2015/2016. UIN Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40308

Wibowo, G. A., & Akob, B. (2015). Pembelajaran Multikultural Pada Siswa SMP Sebagai Upaya Meningkatkan Nasionalisme. LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/556

Siregar, S., & Susilawati, A. (2019). Relasi Agama, Budaya Dan Bahasa: Model Integrasi Pendidikan Islam dan Multikulturalisme pada Matakuliah Bahasa Inggris di IAIN Metro. Metro University Repository. Retrieved from http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7473/

Ansori, Y. Z., Budiman, I. A., & Nahdi, D. S. (2019). Islam dan pendidikan multikultural. Jurnal Cakrawala Pendas. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/457634

Januarti, A., Zakso, A., & Supriadi, S. (2019). Implementasi pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Teluk Keramat. Proceedings International Conference on Education. Retrieved from https://www.academia.edu/download/90024251/75676584444.pdf

Perdana, Y., Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi sosiokultural siswa dalam pendidikan multikultural melalui pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/297181679.pdf

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan multikultural: Penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261

Syahrial, S., & Kurniawan, A. R. (2019). Strategi guru dalam menumbuhkan nilai kebersamaan pada pendidikan multikultural di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/8455

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Dewi, R. A., Priyono, C. D., & Pane, S. M. (2023). Integrasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Swasta Muhammadiyah 41 Batangtoru. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.497

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.