Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa pada Materi Perkembangan Kehidupan Masa Pra Aksara di Kelas X SMA Negeri 1 Sosopan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.543Kata Kunci:
Media Gambar, Hasil Belajar, Masa Pra Aksara, Pembelajaran VisualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X pada materi perkembangan kehidupan masa pra aksara di SMA Negeri 1 Sosopan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 31 siswa diambil secara acak dari total populasi 104 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket penggunaan media gambar, kemudian dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berada pada kategori “baik” dengan rata-rata skor 2,77, sedangkan hasil belajar siswa juga menunjukkan kategori “sangat baik” dengan rata-rata nilai 80. Koefisien korelasi sebesar 0,455 dan t hitung sebesar 2,75 lebih besar dari t tabel 2,04, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar sejarah siswa. Dengan demikian, media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi sejarah yang bersifat konseptual dan naratif.
Unduhan
Referensi
Ainina, I. A. (2018). Utilization of Audio Visual Media as a Source History Learning. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 25–32.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42.
Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(2), 131–136.
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Limin, S., & Kundiman, R. S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik. Psalmoz: A Journal of Creative and Study of Church Music, 4(1), 16–26.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. In Bandung: Departemen Pendidikan.
Simbolon, E. P. M., Sari, I. M., Pratiwi, W. P., & Susilo, A. (2024). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Danadyaksa Historica, 4(2), 36–42.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Melisa Putri Harahap, Ali Padang Siregar, Insan Fahmi Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.