Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Hotliana Simanjuntak Universitas Graha Nusantara
  • Fita Delia Gultom Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.546

Kata Kunci:

Pembelajaran berdiferensiasi, menulis surat, keterampilan menulis, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat siswa melalui penerapan model pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2024–2025. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan lembar observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis surat. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 62,38 pada pratindakan menjadi 70,91 pada siklus I, dan mencapai 85,62 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 11,76% menjadi 52,94%, dan akhirnya 85,29%. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam mengakomodasi perbedaan individu siswa, serta mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam keterampilan menulis surat. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi sebagai strategi pembelajaran yang adaptif dan relevan dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahearn, B. L. (2024). Preparing Teachers to Differentiate Instruction: A Systematic Review.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).

Gheyssens, E., Catherine, C., Júlia, G.-F., Nadine, E., & and Struyven, K. (2022). Differentiated instruction: the diversity of teachers’ philosophy and praxis to adapt teaching to students’ interests, readiness and learning profiles. International Journal of Inclusive Education, 26(14), 1383–1400. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1812739

Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif:

Unduhan

Diterbitkan

04-06-2025

Cara Mengutip

Simanjuntak, H., Gultom, F. D., & Nasution , F. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 167–172. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.546

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.