Hubungan Pengawasan Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V di SD IT Muhammadiyah Kecamatan Batahan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.526Kata Kunci:
Pengawasan orang tua, prestasi belajar, siswa sekolah dasar, korelasi, IPSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengawasan orang tua dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD IT Muhammadiyah Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur tingkat pengawasan orang tua dan dokumentasi nilai raport untuk mengukur prestasi belajar IPS siswa. Hasil analisis statistik dengan teknik korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengawasan orang tua dan prestasi belajar IPS siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,541 yang lebih tinggi dari nilai r tabel (0,374) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, semakin tinggi pengawasan orang tua, semakin baik pula prestasi belajar siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung keberhasilan belajar anak di sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Amalia, Fadhila, Ahmad Suriansyah, and Wahdah Refia Rafianti. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak: Membangun Kolaborasi Efektif Dengan Sekolah.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2(4):2217–27. doi: 10.60126/maras.v2i4.593.
Khusniyah, Tri Wardati Khusniyah, Puji Yanti Fauziyah, and Ali Mustadi. 2023. “KETERLIBATAN ORANG TUA DAN KERJASAMA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH DASAR: STUDI KEPUSTAKAAN.” PROGRES PENDIDIKAN 4(3):193–99. doi: 10.29303/prospek.v4i3.447.
Komala, Komala. 2015. “Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dan Guru.” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 1(1):31–45.
Musman, Asti. 2020. Seni Mendidik Anak Di Era 4.0: Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Mendidik Anak Di Era Milenial; Mewujudkan Anak Cerdas, Mandiri, Dan Bermental Kuat. Anak Hebat Indonesia.
Ngewa, Herviana Muarifah. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak.” EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education) 1(1):96–115.
Prasetyo, Teguh, Nurma Alya, and Fikhi Rahmatillah. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Anak: Studi Kualitatif Tentang Pola Asuh Dan Pembinaan Keluarga.” Jurnal Penjaminan Mutu 9(2):207–15.
Prihartono, Amir, Yusuf Suryana, and Resa Respati. 2021. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(4):999–1007. doi: 10.17509/pedadidaktika.v8i4.41896.
Seran, Sirilius. 2020. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial. Deepublish.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Wulandari, Intan Ari. 2023. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 6 Metro Barat.” IAIN Metro.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Desi Fitria Sari, Burhanuddin Nasution, Ali Padang Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.