Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Swasta Kesuma Indah Padangsidimpuan

Penulis

  • Redieli Hulu Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Universitas Graha Nusantara
  • Siti Maryam Pane Universitas Graha Nusantara
  • Muhammad Yusuf Ritonga Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.500

Kata Kunci:

Pendidikan karakter, pembelajaran sejarah, integrasi nilai, sekolah menengah, siswa SMA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Swasta Kesuma Indah Padangsidimpuan, mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan angket terhadap siswa kelas XI IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan toleransi dalam proses pembelajaran, meskipun belum sepenuhnya tercermin secara eksplisit dalam dokumen RPP. Pembelajaran sejarah terbukti menjadi media strategis untuk membentuk karakter siswa melalui pendekatan kontekstual dan kegiatan partisipatif. Evaluasi terhadap pembentukan karakter dilakukan melalui observasi langsung dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah memiliki dampak positif terhadap sikap dan perilaku siswa, namun memerlukan penguatan dari segi perencanaan dan sinergi antara sekolah, guru, dan lingkungan keluarga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albertus, Doni Koesoema. 2015. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Cetakan ke. Grasindo.

Hidayat, Mupid, Rama Wijaya Abdul Rozak, Kama Abdul Hakam, Maulia Depriya Kembara, and Muhamad Parhan. 2021. “Character Education in Indonesia: How Is It Internalized and Implemented in Virtual Learning?” Jurnal Cakrawala Pendidikan 41(1):186–98. doi: 10.21831/cp.v41i1.45920.

Huberman, A. 2014. “Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook.”

Kumalasari, Dyah. 2022. “INTEGRATING MODELS CHARACTER EDUCATION IN HISTORY LEARNING.” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 19(2):1–7. doi: 10.21831/socia.v19i2.54755.

Lickona, Thomas. 1996. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral Education 25(1):93–100.

Mulyasa, E. 2013. “Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.” Dinamika Hidrosfer Di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 16 Surabaya.

Rukin, S. Pd. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Samani, M. 2013. Pendidikan Karakter Konsep Dan Model. PT Remaja Rosdakarya.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014. “PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2). doi: 10.21831/cp.v2i2.2168.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Cara Mengutip

Hulu, R., Pane, S. M., & Ritonga, M. Y. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Swasta Kesuma Indah Padangsidimpuan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(2), 86–92. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.500

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.