Perbandingan Hasil Belajar IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan

Penulis

  • Kasmawati Universitas Graha Nusantara
  • Dharma Gyta Sari Harahap Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.99

Kata Kunci:

Cooperative Learning script, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstrak

Peningkatan kualitas pembelajaran dalam dunia Pendidikan seharusnya mengalami peningkatan dalam kualitas pembelajaran baik dari segi penguasaan materi maupun dari segi metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah bagaimana penyusunan skenario kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar IPA terpadu dengan.menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dan model konvensional. Quasy Eksperiment adalah metode penelitian dalam penelitian ini dengan instrumen tes hasil belajar dan instrumen observasi kegiatan proses pembelajaran siswa di kelas. Hasil dari analisis observasi menunjukkan aktivitas pembelajaran siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan aktivitas pembelajaran siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menyarankan para guru agar menggunakan model cooperative script dalam proses pembelajarannya di kelas agar proses pembelajaran di kelas lebih menyenangkan dan berimbas pada peningkatan hasil belajar dan menciptakan proses pembelajaran siswa lebih menyenangkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fardila, E. (2014). Pengaruh Strategi Cooperative Script dengan Media Gambarterhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTS Al-Raisiyah Sekarbela Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 76–81.

Harahap, D. G. S. (2019). efektivitas metode inkuiri dalam pembelajaran biologi materi sistem pencernaan manusia kelas xi sma negeri 4 padangsidimpuan. jurnal education and development, 7(1), 152.

Heriyanto. (2013). Jurnal pengajaran MIPA. Balai Pustaka.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.

Negeri, S. D., & Hilir, T. (2018). Pendidikan dan Pengajaran. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, & Sunarni. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Prestasi Pustaka.

Yamin, M. (2004). Strategi pembelajaran berbasis kompeten. Gaung Persada Press.

Z, Z. (2006). Ilmu pendidikan: pengantar dan dasar-dasar pelaksanaan pendidikan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2022

Cara Mengutip

Kasmawati, & Harahap, D. G. S. . (2022). Perbandingan Hasil Belajar IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.99

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.