Pengaruh Les Tambahan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Satu Atap Saipar Dolok Hole
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.428Kata Kunci:
efektifitas, Pembelajaran les tambahan, Prestasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektivitas pembelajaran les tambahan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Satu Atap Saipar Dolok Hole pada tahun pelajaran 2023-2024. Masalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara les tambahan dengan prestasi belajar siswa, sejauh mana les tambahan mempengaruhi prestasi belajar siswa, dan perbedaan prestasi antara siswa yang mengikuti les tambahan dengan siswa yang tidak mengikuti les tambahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, di mana variabel bebasnya adalah les tambahan (X) dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara les tambahan terhadap prestasi belajar siswa. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,563 dengan tingkat signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa les tambahan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dengan demikian, les tambahan di SMP Negeri 4 Satu Atap Saipar Dolok Hole terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Adisaputro, S. E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).
Ahmadi, R. (2015). Mengintegrasikan Layanan Pendidikan Nonformal Dan Pendidikan Formal Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah. DEDIKASI: Jurnal Ilmiah Sosial, Hukum, Budaya, 32(1), 22–29.
Bloom, B. S. (1984). The 2 sigma problem: The search for methods of group instruction as effective as one-to-one tutoring. Educational Researcher, 13(6), 4–16.
Farihin, A. (2023). BAB 2 KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL. Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital, 17.
Indriyani, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 90–96.
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28.
Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2014). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development. Routledge.
Kusuma, L. P. (2024). Program SAPAMAT untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 73–79.
Muklas, A., Lubis, E., & Qurniati, A. (2023). Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa Melalui Program Bimbingan Belajar Di Luar Jam Sekolah Di Desa Penindaian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 118–125.
Priyastama, R. (2020). The Book of SPSS: Pengolahan & Analisis Data. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=g_HzDwAAQBAJ
Rm, R. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25, 54–67.
Rohmianti, E. A., Rusdianto, D. S., & Amalia, F. (2020). Pengembangan Sistem Manajemen Guru Les Privat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(11), 4164–4171.
Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).
Saputri, O. D., & Rahmawati, R. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) bagi Peserta Didik di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sari, D. C., Purba, D. W., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi pendidikan lewat transformasi digital. Yayasan Kita Menulis, 2(1), 17–25.
Sarwono, J. (2014). Teknik Jitu Memilih Prosedur Analisis Skripsi. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=y4hKDwAAQBAJ
Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(01), 1–14.
Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.
Susanti, S. (2014). Meningkatkan efektivitas pendidikan nonformal dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2), 9–19.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran guru sejarah abad 21 dalam menghadapi tantangan arus globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lensa, Helmi Suryana Siregar, Dina Syahfitri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.