Hubungan antara Cara Belajar dan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pembelajaran 2024–2025

Penulis

  • Enna Noza Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Elnila Caniago Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.545

Kata Kunci:

cara belajar, keterampilan membaca, siswa SMP, literasi membaca, Cara Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dan keterampilan membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Angkola Barat pada Tahun Pembelajaran 2024–2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui angket untuk variabel cara belajar dan tes esai untuk keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup antara cara belajar dan keterampilan membaca, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,46. Rata-rata nilai cara belajar siswa adalah 80,32 dan rata-rata nilai keterampilan membaca siswa adalah 79,77, yang keduanya berada pada kategori baik. Selain itu, sebanyak 95,3% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dalam keterampilan membaca. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi belajar yang baik dapat mendukung peningkatan kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, baik guru maupun orang tua diharapkan dapat membimbing siswa dalam membentuk kebiasaan belajar yang efektif untuk meningkatkan literasi membaca.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 99–114.

Grabe, W. (2009). Reading in a second language: Moving from theory to practice. Ernst Klett Sprachen.

Grabe, W., & Stoller, F. (2013). Teaching and researching reading, second edition. Teaching and Researching Reading, Second Edition, 1–324. https://doi.org/10.4324/9781315833743

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Elementary Education Research, 2(3).

Setiawan, A. (2023). Relevansi Keterampilan Membaca Kritis dengan Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran Abad 21. UMMPress.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sudijono, A. (2016). Pengantar evaluasi pendidikan, Cetakan ke-15. Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep Dasar Metode Penelitian Kuantitatif. In Brain academy (Issue April 2016). repository.uki.ac.id.

Suhardi, M., Murtikusuma, R. P., & Islamiah, M. A. U. (2024). Langkah Tepat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran. Penerbit P4I.

Unduhan

Diterbitkan

04-06-2025

Cara Mengutip

Siregar, E. N., Nasution , F., & Caniago, E. (2025). Hubungan antara Cara Belajar dan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pembelajaran 2024–2025. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 160–166. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.545

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.