Pengaruh Penerapan Keterampilan Memberi Penguatan Daya Imajinasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Arse
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.432Kata Kunci:
Penguatan Imajinasi, Hasil Belajar, PPKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan keterampilan memberi penguatan daya imajinasi oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Arse tahun pelajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Sampel penelitian ini berjumlah 58 siswa. Data dianalisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan memberi penguatan daya imajinasi oleh guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai korelasi rhitung > rtabel atau 0,880 > 0,266 yang tergolong dalam kategori sangat tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa penguatan daya imajinasi secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas pendidikan menurut undang-undang dasar tahun 1945. Jurnal Hukum Positum, 1(2), 218–243.
Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).
Ellis, O. J. (2015). Human Learning Sixth Edition (Öğrenme Psikolojisi),(çev. ed. Mustafa Baloğlu), 6. b. Ankara: Nobel Akademi Yayınları.
Gunadi, A. A. (2017). Pengaruh lingkungan sosial terhadap imajinasi anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).
Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.
Machali, I. (2012). Islam Memandang Hak Asasi Pendidikan. MP, 17(1), 2–20.
Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Rineka Cipta.
Mubarokah, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward dan Punishment di MI NU Imaduddin Mejobo. IAIN KUDUS.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Simorangkir, N. R. (2014). Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Universitas Medan Area.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan tantangan kurikulum baru: Analisis peran guru dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.
Uzer, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional: Edisi Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hasanuddin, Dewi Sartika, Aryani Hasugian, Annisa Hasanah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.