Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Strategi Ice Breaking Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.510Kata Kunci:
Ice Breaking, Pemahaman Konsep, FisikaAbstrak
Tujuan penelitian untuk Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis melalui penerapan teknik Ice Breaking. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada peningkatan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis melalui penerapan teknik Ice Breaking?. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan VII1 dan yang mana dalam satu kelas itu terdiri dari masing-masing 23 orang siswa. Adapun instrument dalam penelitian ini tes uraian Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas. Teknik analasis data menggunakan uji normalitas, reduksi, penyajian data dan refleksi. Hasil penelitiannya adanya peningkatan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Muara Batang Gadis melalui penerapan teknik Ice Breaking dalam peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus (57,97), siklus I (69,20) dan siklus II (80,62 ketuntasan sebanyak Pra siklus (3 orang), Siklus I (13 orang) dan siklus II (21 orang)
Unduhan
Referensi
Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan pengetahuan prosedural penggunakan model discovery terbimbing dengan model inquiry terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bambang, M., Siswanto, E., Pd, M., & Wahida, S. N. (2022). Alfa Zone With Ice Breaking Learning.
Caswita. (2012). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Dengan Selingan Ice Breaker Terhadap Pemahaman konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4).
Dimyati & Mudjiono. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Hendawati, Y. M. (2020). Penerapan Ice Breaking Pada Pembelajaran Tematik Kelas IIB Di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Jember. 86.
I Komang Arimbawa, Drs. I Made Suarjana, M.Pd , Dra. Ni Wayan Arini, M. P. . (2017). Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10727
Ihsan. (2005). Pengantar Filsafat Pendidikan. PT.Raja Grafindo.
Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.22195
Nasution, E. S., Harahap, T. R., Nasution, F., & ... (2023). Sosialisasi Ice Breaking Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Jurnal Transformasi …, 38–44. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jtpi/article/view/29%0Ahttps://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jtpi/article/download/29/30
Nasution, E. S., Putri, R., & Dewi, N. C. (2024). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Dalam Peningkatan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Smp Negeri 5 Angkola Timur. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 9, 65–71.
Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Cipta.
Paradita, P., Ulva, R., & Handayani, F. (2021). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD 101/II Muara Bungo Kabupaten Bungo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 36–40. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2076
Piliang, J. P., Nasution, E. S., & ... (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Pada Materi Jaringan Tegangan Rendah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. … Education Innovation (JEI …, 114–121. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei/article/view/32
Pratama, N. S., & Ta, Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) Pada Kelas X Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(2).
Pratiwi satriani, N. made, Pudjawan, K., & Suarjana, I. made. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dengan Selingan Ice Breaker terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 312. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16147
Putri, L. O., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penerapan Ice Breaking Pada Pembalajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.31332/jpi.v4i1.6310
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Riani, L., Misdalina, M., & Sugiarti, S. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 17. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5237
Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan (Panduan Penyelenggaraan Pelatihan). Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi).
Setiawan, A. R. (2020). 298-885-1-Pb. Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik, 4(1), 51–69.
Sirait, S., Anim, Elfira rahmadani, & Ely Syafitri. (2024). Penerapan Ice Breaker Game Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 265–272. https://doi.org/10.36526/tr.v7i2.3277
Sulastri, U. (2014). Tips & Trik Ciptakan “wow” Di Sekolah (1st ed.). Luxima Metro Media.
Trowbridge, L. W., & Bybee, R. W. (2006). Becoming a secondary school science teacher (3rd ed.). Merrill Publishing Company.
Wea, K. N., Hau, R. ririnsia H., & Kleruk, E. D. (2021). Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 770–774. https://doi.org/10.5281/zenodo.5820959
Yeganehpour, P. (2017). Ice-breaking as a useful teaching policy for both genders. Journal of Education and Practice, 8(22), 137–142.
Yeganehpour, P., & Takkaç, M. (2016). Using ice breaking in improving every factor which considered in testing learners speaking ability. International Journal on New Trends in Education and Their, 7(1), 58–68. www.ijonte.org
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ubat Nirwati, Eni Sumanti, Kasmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.