Pelatihan Pembuatan Sarana Pembelajaran Interactive Quiz Menggunakan Aplikasi “Quizizz” Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.232Kata Kunci:
Media Pembelajaran , Aplikasi “Quizizz”, SMKS Nurul Huda Pringsewu LampungAbstrak
Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung tentang cara penggunaan media pembelajaran interactive quiz dengan aplikasi “Quizizz” dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Aplikasi ini dipilih disebabkan sebagian tenaga pendidik belum pernah menggunakan media ini untuk pembelajaran di sekolah tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu tahapan analisis situasi, perencanaan dan persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan, peserta pelatihan sangat tertarik dan merasa pelatihan ini sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan Evaluasi yang dilakukan sebesar 93,75% tenaga pendidikan SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung telah memahami pengaplikasian aplikasi “Quizizz “pada saat pembelajaran berlangsung. Dari penyebaran kuesioner kepuasan pelaksanaan diperoleh 88% peserta pelatihan sangat puas dengan materi yang diberikan karena menambah pengetahuan serta kompetensi tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis internet.
Unduhan
Referensi
Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. In Jakarta: Grasindo (Vol. 2). Grasindo.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927
Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui aplikasi quiziz pada pelajaran matematika vi SDN Karang Tengah 06. PENSA, 3(2), 280–296. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1359
Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
Rosiani, D. (2021). Kolaborasi Whatsapp dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 257–264. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.304
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Agus Irawan, Bernadhita Herindri, Sri Ipnuwati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.