Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Program PPG

Penulis

  • Rini Kesuma Universitas Graha Nusantara
  • Lisa Fitri Meidipa Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i3.425

Kata Kunci:

Pendidikan Profesi Guru, Kompetensi Guru, Pendidikan Bahasa Inggris, Adaptasi Pendidikan Digital, Pengembangan Profesional Guru

Abstrak

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini melibatkan implementasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang diadakan di LPTK Padangsidimpuan, berlangsung selama tiga bulan dengan partisipasi dari 30 guru tingkat SMP dan SMA sederajat. Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan Bahasa Inggris melalui penerapan metode pembelajaran kreatif dan penggunaan media interaktif. Pendekatan ini bertujuan untuk menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan spesifik guru dan siswa dalam era digital saat ini. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan, motivasi, dan kepercayaan diri berbahasa Inggris di antara peserta. Hasil pengabdian menegaskan bahwa pendekatan pendidikan yang responsif dan adaptif tidak hanya memperkuat kemampuan pedagogis guru tetapi juga memfasilitasi penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif, meningkatkan relevansi dan efektivitas pendidikan. Pengabdian ini menghasilkan wawasan berharga mengenai pentingnya pengembangan profesional yang berkelanjutan untuk guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifai, A. (2018). Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27-38.,1.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriana, R. (2021). KOMPETENSI GURU. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

Lewin, K. (1990). Action Research and Minority Problems The Action Research Reader. Victoria: Dankin University.

McNiff, J. (2013). Action Research: Principles and Practice. Routledge.

Miller, R., & Potemski, A. (2017). Preparing Teachers through the Professional Development Program. Education Policy Analysis Archives.

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma kompetensi guru. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 12-16.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Purwana, U. (2010). Profil kompetensi pedagogik guru IPA-fisika SMP dan MTs di wilayah Paseh Kabupaten Sumedang melalui kegiatan lesson study berbasis MGMP. Bandung: FPMIPA UPI, 1-14.

Roestiyah N.K.. (1982). Masalah-masalah ilmu keguruan / oleh Roestiyah N.K. Jakarta :: Bina Aksara,.

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 92-102.

Smith, J., & Lynch, D. (2012). Understanding the Impact of Socioeconomic Differences on Student Achievement. Journal of Education and Learning.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Unduhan

Diterbitkan

05/28/2024

Cara Mengutip

Kesuma, R., & Meidipa, L. F. (2024). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Program PPG. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 145–150. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i3.425

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.