Peningkatan Potensi Destinasi Pariwisata Padangsidimpuan melalui Pelatihan dan Sosialisasi Implementasi Konsep Sapta Pesona bagi Masyarakat Lokal
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.371Kata Kunci:
Sosialisasi, Sapta Pesona, Destinasi Pariwisata, Kesadaran LingkunganAbstrak
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan dan sosialisasi mengenai implementasi Sapta Pesona dalam pengembangan destinasi pariwisata di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Melalui program ini, masyarakat lokal diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola destinasi pariwisata dengan lebih efektif dan berkelanjutan. Selain itu, terjadi sosialisasi yang mendalam mengenai pentingnya melestarikan budaya dan lingkungan dalam konteks pariwisata. Hasil dari pelaksanaan program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat lokal dalam mengelola dan mempromosikan destinasi pariwisata mereka. Terbentuknya kerjasama yang erat antara masyarakat lokal, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya juga menjadi salah satu hasil yang penting dari program ini. Dengan demikian, program pengabdian kepada masyarakat ini berhasil menciptakan dampak positif dalam pengembangan pariwisata lokal yang berkelanjutan dan berkualitas.
Unduhan
Referensi
Daulay, A.R. (2021) ‘Analisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan’. IAIN Padangsidimpuan.
Daulay, L.S., Ginting, R. and Saleh, A. (2020) ‘Komunikasi Pariwisata Pihak Pemerintah, Pengelola, Dan Masyarakat Dalam Mengembangkan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Padangsidimpuan’, in Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA).
Harahap, S. (2023) ‘Pembuatan Kopi Berbahan Dasar Kulit Buah Salak Di Desa Joring Lombang Kota Padang Sidimpuan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), pp. 734–737.
Siregar, N.P. (2021) ‘Implementasi Peraturan Daerah No. 13 Tahun 2008 Dalam Rangka Retribusi Izin Usaha Biro Perjalanan Pariwisata di Kota Padang Sidempuan’.
Syaputra, A. and Rahmani, N.A.B. (2024) ‘Peran Media Sosial Dalam Memasarkan Produk Olahan Ud. Bolu Salak Kenanga Di Kota Padangsidimpuan’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), pp. 530–534.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yuswin Harputra, Elissa Evawani Tambunan, Masnilam Hasibuan, Lisa Fitri Meidipa, Yulia Rizki Ramadhani, Bismar Sibuea
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.