Penguatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SDN 200301 Padang Sidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i6.473Kata Kunci:
pengembangan kompetensi guru, pembelajaran STEM, keterampilan berpikir kritis, sekolah dasar, model ADDIEAbstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa di SDN 200301 Padang Sidimpuan. Analisis awal menunjukkan bahwa 85% guru memiliki pemahaman yang terbatas tentang pendekatan STEM, khususnya dalam mengintegrasikan elemen sains, teknologi, rekayasa, dan matematika dalam pembelajaran. Program ini menerapkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dimodifikasi sesuai konteks sekolah dasar, dengan pendekatan pelatihan interaktif dan umpan balik aktif. Implementasi program meliputi serangkaian lokakarya intensif, praktik langsung pengembangan perangkat pembelajaran, dan pendampingan berkelanjutan. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru, yang ditunjukkan dengan kenaikan skor dari 62,5% pada pre-test menjadi 89,3% pada post-test. Validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencapai tingkat kevalidan 93% dengan skor rata-rata 4,5 dari 5,0. Observasi implementasi di kelas menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dan kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan perangkat pembelajaran berbasis STEM. Program ini berhasil menciptakan dampak transformatif pada praktik pembelajaran di SDN 200301 Padang Sidimpuan, memberikan landasan untuk pengembangan model pembelajaran STEM yang dapat diadaptasi secara lebih luas dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia.
Unduhan
Referensi
Abas, S., Alirahman, A. D., & Mabrur, H. (2024). Humanizing STEM-Based Learning (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) for the Transformation of Islamic Education in the 21st Century. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 98–120.
Afriani, G., Soegiarto, I., Suyuti, S., Amarullah, A., & Aristanto, A. (2024). Transformasi Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 91–99.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.
Ali, A., Apriyanto, A., Haryanti, T., & Hidayah, H. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Bybee, R. W. (2010). The teaching of science: 21st century perspectives. NSTA press.
Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika melalui pendekatan stem berorientasi hots pada materi usaha dan energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120.
Kastawi, N. S., & Yuliejantiningsih, Y. (2019). Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 157–168.
Monica, R. D. (2024). supervisi pendidikan. Pengantar Supervisi Pendidikan, 144.
Nida’ul Khairiyah, S. P. (2019). Pendekatan science, technology, engineering dan mathematics (STEM). Spasi Media.
Nurzannah, S. (2022). Peran guru dalam pembelajaran. ALACRITY: Journal of Education, 26–34.
Putri, Y. I. A., Sumarmi, S., Putra, A. K., & Soekamto, H. (2022). Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM pada materi sumber dan analisis data kependudukan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 31–41.
Ramadhani, Y. R., Masrul, M., Ramadhani, R., Rahim, R., Tamrin, A. F., Daulay, J. S., Purba, A., Tasnim, T., Pasaribu, A. N., & AB, M. A. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=XZX-DwAAQBAJ
Richards, J. C. (1989). Beyond training: Approaches to teacher education. PASAA, 19(2), 76–84.
Sugianto, S., Rusilowati, A., Widiyatmoko, A., Puspitasari, D., Arifa, N. M., & Roziqin, R. (2023). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis STEM Bagi Guru SD, SMP dan SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Community Empowerment, 3(2), 116–121.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.
Tobing, L., & Sulastri, S. (2024). Kajian Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic (STEM) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Tahun 2023.
Yatim, M., Fitri, E., Liantori, B., Tunnisa, S., & Amir, F. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN 215/X BUKIT TEMPURUNG TANJUNG JABUNG TIMUR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 398–410.
Yuliani, S. (2022). Adaptif di Era Disruptif: Strategi Sekolah Tinggi Teologi Menghadapi Tantangan di Era Disrupsi. Jurnal Luxnos, 8(2), 205–218.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Maryam Pane, Elissa Evawani Tambunan, Muhammad Yusuf Ritonga, Dalilah Amaliah Putri, Riswan Efendi, Aryani Hasugian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.