Langkah-Langkah Praktis Dalam Merancang Modul Ajar Berbasis Inkuiri Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.451Kata Kunci:
Modul ajar, Inkuiri, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Pendidik, Peserta didikAbstrak
Penelitian ini mengkaji langkah-langkah praktis dalam merancang modul ajar berbasis inkuiri untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis inkuiri meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan peserta didik, serta membantu pendidik dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih interaktif. Namun, terdapat kendala seperti kurangnya pemahaman pendidik, keterbatasan sumber daya, dan waktu yang terbatas dalam penerapannya. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi pendidik dan optimalisasi teknologi pembelajaran agar pendekatan ini dapat diterapkan secara lebih efektif.
Unduhan
Referensi
Abidin, Z. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek literasi, dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52.
Adriani, N., & Silitonga, F. S. (2017). Pengembangan modul ajar kimia unsur berbasis inkuiri terbimbing fase development untuk mahasiswa pendidikan kimia. Jurnal Zarah, 5(2), 44–47.
Astuti, S. E. P., Aslan, A., & Parni, P. (2023). Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 73–84.
Buyung, B., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1 SE-Articles). https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/18425
Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul pembelajaran matematika bernuansa islami dengan pendekatan inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13.
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661–1674.
Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran: konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. In Ombak.
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371.
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548–562.
Kusmiati, E., Chabibah, N., & Rizkiah, M. K. (2021). Penerapan Model Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 2(2), 114–123.
Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(1), 145–156.
Magdalena, I., Khofifah, A., & Auliyah, F. (2024). BAHAN AJAR. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(6), 21–30.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. State University of Malang.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Putri, S. D. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI DALAM MENCIPTAKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR YANG AKTIF. Jurnal Komunikasi, 2(4), 282–292.
Rahayu, P., Widiyatmoko, A., & Hartono, H. (2015). Penerapan strategi POE (predict-observe-explain) dengan metode learning journals dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains. Unnes Science Education Journal, 4(3).
Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.
Ramadhani, Y. R., Masrul, M., Ramadhani, R., Rahim, R., Tamrin, A. F., Daulay, J. S., Purba, A., Tasnim, T., Pasaribu, A. N., & AB, M. A. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=XZX-DwAAQBAJ
Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., Utami, N. R., Purba, P. B., Purba, S., Kato, I., Gumelar, G. R., Cecep, H., & Darmawati, D. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Restiana, V. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Menggala Tahun Pelajaran 2020/2021. IAIN Metro.
Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68.
Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).
Ruslan, B. (2024). MODEL PEMBELAJARAN HOLISTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RAUDHATUL ATHFAL BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN KAUR. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Shofiyah, N., & Sartika, S. B. (2018). Buku Ajar Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran. Umsida Press, 1–115.
Simarmata, J., Ramadhani, Y. R., Rahim, R., Mawati, A. T., Siregar, R. S., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Purba, S., Purba, B., & Purba, P. B. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan Berpikir kritis siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 727–741.
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. State University of Malang.
Usman, U., Cahya, S. P., & Wahyuni, I. (2024). KELAYAKAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI PROYEK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 99–108.
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222.
Wahyuni, L. D., Nasution, S. Y. N. F., Mefia, W. A., & Mukhlasin, A. (n.d.). EKSISTENSI MOTIVASI DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Desi Fitri Efendy, Dinda Nabilah, Iklima Pulungan, Siti Ma’rifah, Sulham Efendi Hasibuan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.