Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Akbar Hanapi Pasaribu Universitas Graha Nusantara
  • Dina Syahfitri Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.551

Kata Kunci:

pembelajaran berdiferensiasi, keterampilan menulis surat, hasil belajar, PTK, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis surat siswa kelas VII-2 SMPN 1 Angkola Barat melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas siswa dan tes keterampilan menulis surat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis surat siswa. Skor rata-rata meningkat dari 55 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II, sedangkan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 5% menjadi 86%. Selain itu, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signifikan, disertai penurunan aktivitas negatif. Temuan ini memperkuat bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas yang beragam. Penerapan pendekatan ini diharapkan dapat terus dikembangkan sebagai bagian dari inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, P. E. S., Juansa, A., Rianty, E., Saputro, D. R. S., Andryadi, A., Winatha, K. R., Yunefri, Y., Lakadjo, M. A., Gunadi, A., & Na’imah, T. (2025). Pendidikan Abad Ke-21: Tantangan, Strategi dan Inovasi Pendidikan Masa Depan. PT. Star Digital Publishing.

Ambarita, S. N., Telaumbanua, S., & Purba, C. A. (2025). PENGARUH APLIKASI SPEECHNOTES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PENANGGALAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 774–790.

Arif, N. F. (2023). Pengembangan bahan ajar berdiferensiasi pada materi menulis artikel opini untuk siswa SMA. Lingua: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 19(1), 17–28.

Arnida, A., Syarifuddin, S., & Nurdin, N. (2025). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdeferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPS di Kelas VII UPT SPF SMPN 6 Makassar. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 84–93.

Gymnastiar, A. M. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(02), 24–45.

Heacox, D. (2012). Differentiating instruction in the regular classroom: How to reach and teach all learners (Updated anniversary edition). Free Spirit Publishing.

Jannah, A., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2025). Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 539–550.

Ndari, W., Suyatno, Sukirman, & Mahmudah, F. N. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges. European Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.3.648

Sadriani, A., & Muliana, G. H. (2024). Dampak Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Keterlibatan Siswa di Kelas Multikultural di SMA Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 884–893.

Sari, R. L., Silitonga, N. D. M., Kaban, E. H. B., Siburian, J., Sadikin, A., & Astriawati, F. (2024). Literatur Review: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Abad 21. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 7(3), 233–243.

Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Sulaiman, R., & Mansyur, U. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2246–2257.

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. Ascd.

Unduhan

Diterbitkan

08-06-2025

Cara Mengutip

Pasaribu, A. H., Syahfitri, D., & Adawiyah, R. (2025). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 203–211. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.551

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.