Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa

Penulis

  • Rodiah Ulfah Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.46

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Argument Driven, Inquiry, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran argument driven inquiry. Adapun rumusan masalah adalah apakah terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran argument driven inquiry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang digunakan adalah kelas XI SMK Negeri 1 Batang Angkola dengan jumlah siswa adalah 30 orang. Teknik pengambilan sampel random sampling. Instrument ini menggunakan tes pilihan ganda, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran argument driven inquiry.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2006) ‘PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS’, Bumi Aksara.

Arikunto, S. dan S. (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Emilia Sari, Eni Sumanti Nasution, R. U. L. (2021) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020 1)Emalia’, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Vol.5 No 1, 5(1), pp. 20–25.

Hamalik, O. (2013) Kurikulum dan Pembelajaran Edisi 1, Bumi Aksara, Jakarta.

Hilda, D. Y. (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Model Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nasution, E. S. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah Pada Siswa Melalui Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry (ADI)’, JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(2), p. 100. doi: 10.24036/jep/vol3-iss2/375.

Rizki Ramadhani Lubis, Sri Utami Kholila Mora Siregar, K. (2021) ‘View of EFEK MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X MAS DARUL IKHLAS PADANGSIDIMPUAN.pdf’, pp. 1–11.

Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H. and Rusli, M. A. (2020) ‘Studi Keterampilan Proses Sains (Kps) Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 12 Makassar’, Jurnal IPA Terpadu, 3(2), pp. 75–86. doi: 10.35580/ipaterpadu.v3i2.11294.

Sampson, V. E., Grooms, J., & Walker, J. and P (2010) ‘No Argument Driven Inquiry as a Way to Help Student Learn How to Participate in Scientific Argumentation and Craft Written Arguments. An Exploratory Study Title’, Science Education., 95, pp. 217–257.

Sari, I., Hutabarat, H. D. and Siregar, N. (2021) ‘MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY ( ADI )’, 1(1), pp. 5–8.

Sri Utami Kholila Mora Siregar (2020) ‘Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk’, Jurnal ESTUPRO, 5(1), pp. 61–66.

Surani, D. (2019) ‘Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), pp. 456–469.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Lubis, R. U., & Nasution, E. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.46

Terbitan

Bagian

Articles