Efektivitas Model Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Keterampilan Menelaah Kohesif Teks Wacana Siswa SMA

Penulis

  • Erika Novyanti Silaban Universitas Graha Nusantara
  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Dina Syahfitri Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.549

Kata Kunci:

Think Pair Share, kohesif teks wacana, keterampilan menelaah, pembelajaran kooperatif, PTK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menelaah kohesif teks wacana melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sinunukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes tertulis, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS mampu meningkatkan keterampilan menelaah kohesif teks wacana siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 63,19 dengan tingkat ketuntasan 43,75%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 80,56 dan ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Peningkatan ini juga disertai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menelaah kohesif teks wacana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dirgantara, Y. A. (2011). Pelangi Bahasa Sastra dan Budaya Indonesia: Kumpulan Apresiasi dan Tanggapan. Garudhawaca.

Harahap, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). BUKU AJAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. In N. Rismawati (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Harahap, S. M., & Lubis, M. S. (2023). Memahami Bacaan melalui Pendekatan Kontekstual (Inquiry). Penerbit NEM.

Harahap, S. Z. H. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM KURIKULUM 2013. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR 2018.

Hetika, H., Farida, I., & Sari, Y. P. (2018). Think Pair Share (TPS) as Method to Improve Student’s Learning Motivation and Learning Achievement. Dinamika Pendidikan, 12(2), 125–135. https://doi.org/10.15294/dp.v12i2.13561

Ningrum, A. C., & Tazqiyah, I. (2024). Peran Bahasa dalam Komunikasi Lintas Budaya: Memahani Nilai dan Tradisi yang Berbeda. Jurnal Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 4(2), 146–167.

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Nuzalifa, Y. U. (2021). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis lesson study sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48–57.

Pangaribuan, T. (2008). Paradigma bahasa. Graha Ilmu.

Pangestuti, A. A. (2017). Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) Berbasis lesson study untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 135–142.

Purwanti, C., Sutama, I. M., Dewantara, P. M., & Wirahyuni, K. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) untuk Menstimulus Keterampilan Menulis Mahasiswa. Journal of Education Research, 5(4), 5551–5556.

Rohaina, R. (2020). Perkembangan bahasa anak: analisis komunikasi siswa. Journal of Basic Education Research, 1(2), 66–69.

Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: konsep, teori, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, 1(2), 49–55.

Supriyani, P., Sudirman, S., & Supriyadi, D. (2017). The Use of Think Pair Share Technique to Improve Students’ Reading Comprehension in Report Text. UNILA Journal of English Teaching, 6(8).

Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share The Empowerment of Creative Thinking Skills through Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 285–291.

Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran reading-concept-map think pair share (remap tps) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. State University of Malang.

Unduhan

Diterbitkan

05-06-2025

Cara Mengutip

Silaban, E. N., Harahap, T. R., & Syahfitri, D. (2025). Efektivitas Model Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Keterampilan Menelaah Kohesif Teks Wacana Siswa SMA. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 189–195. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.549

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.