Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi

Penulis

  • Habibah Rahmah Siregar Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Yuni Rhamayanti Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.48

Kata Kunci:

Metode Demonstrasi, Alat Peraga, Pemahaman konsep, Materi Bangun Ruang Sisi datar, Matematika

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru belum sepenuhnya dapat menciptakan perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran masih rendah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan/permasalahan matematika terutama pada materi bangun ruang sisi datar yang menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demontrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 44 siswa, dua kelas ini akan digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan kelas eksperimen 22 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t.
Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara demonstrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slamento. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suherman, Erman. 2000. et. al Common Text Book Strategi Pembelajaran

Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tim Penyusun. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padangsidimpuan: STAIN Padangsidimpuan

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Siregar, H. R., & Rhamayanti, Y. (2021). Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.48

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.