Analisis Hubungan antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Wacana Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru

Penulis

  • Irna Sakinah Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Fita Delia Gultom Universitas Graha Nusantara
  • Elnila Caniago Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.547

Kata Kunci:

kecepatan membaca, pemahaman bacaan, wacana narasi, siswa SMA, korelasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami wacana narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru Tahun Pelajaran 2024–2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa yang diambil secara acak dari dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kecepatan membaca dan tes pemahaman isi wacana narasi berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecepatan membaca siswa berada pada angka 77,00 dan pemahaman wacana narasi berada pada angka 71,00, keduanya termasuk dalam kategori “baik”. Analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai r sebesar 0,25 yang mengindikasikan hubungan positif namun rendah antara kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan naratif. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kecepatan membaca cenderung diikuti oleh peningkatan pemahaman bacaan, meskipun tidak secara signifikan. Oleh karena itu, pembelajaran membaca hendaknya tidak hanya menekankan pada kecepatan, tetapi juga pada pengembangan strategi membaca yang efektif untuk mendukung pemahaman yang lebih optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ADIFATONI, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cepat Melalui Teknik Skimming Dan Scanning Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri Loa Janan. Jurnal Cemerlang, 2(1).

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta.

Amalia, F. N. (2017). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).

Asiyah, S., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Speed Reading dan Model Skimming dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 10(3), 153–159.

Creswell, J. W. (2020). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Higher Ed.

Grabe, W., & Stoller, F. (2013). Teaching and researching reading, second edition. Teaching and Researching Reading, Second Edition, 1–324. https://doi.org/10.4324/9781315833743

Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 80–89.

Rahayu, S. S., Razak, A., & Hakim, N. (2018). Kecepatan Membaca Efektif Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. JURNAL TUAH: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 1(2), 106–113.

Sianipar, V. M. B., Simanjuntak, H. H., Siagian, B. A., & Sigiro, M. (2024). Efektivitas metode SQ3R terhadap peningkatan pembelajaran membaca cepat. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 57–71.

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096

Unduhan

Diterbitkan

05-06-2025

Cara Mengutip

Harahap, I. S., Gultom, F. D., & Caniago, E. (2025). Analisis Hubungan antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Wacana Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 173–180. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.547

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.