Analisis Hubungan antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Wacana Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.547Kata Kunci:
kecepatan membaca, pemahaman bacaan, wacana narasi, siswa SMA, korelasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami wacana narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru Tahun Pelajaran 2024–2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa yang diambil secara acak dari dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kecepatan membaca dan tes pemahaman isi wacana narasi berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecepatan membaca siswa berada pada angka 77,00 dan pemahaman wacana narasi berada pada angka 71,00, keduanya termasuk dalam kategori “baik”. Analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai r sebesar 0,25 yang mengindikasikan hubungan positif namun rendah antara kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan naratif. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kecepatan membaca cenderung diikuti oleh peningkatan pemahaman bacaan, meskipun tidak secara signifikan. Oleh karena itu, pembelajaran membaca hendaknya tidak hanya menekankan pada kecepatan, tetapi juga pada pengembangan strategi membaca yang efektif untuk mendukung pemahaman yang lebih optimal.
Unduhan
Referensi
ADIFATONI, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cepat Melalui Teknik Skimming Dan Scanning Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri Loa Janan. Jurnal Cemerlang, 2(1).
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta.
Amalia, F. N. (2017). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).
Asiyah, S., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Speed Reading dan Model Skimming dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 10(3), 153–159.
Creswell, J. W. (2020). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Higher Ed.
Grabe, W., & Stoller, F. (2013). Teaching and researching reading, second edition. Teaching and Researching Reading, Second Edition, 1–324. https://doi.org/10.4324/9781315833743
Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 80–89.
Rahayu, S. S., Razak, A., & Hakim, N. (2018). Kecepatan Membaca Efektif Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. JURNAL TUAH: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 1(2), 106–113.
Sianipar, V. M. B., Simanjuntak, H. H., Siagian, B. A., & Sigiro, M. (2024). Efektivitas metode SQ3R terhadap peningkatan pembelajaran membaca cepat. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 57–71.
Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irna Sakinah Harahap, Fita Delia Gultom, Elnila Caniago

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.