Menumbuhkan Minat Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Rakyat Di Desa Tandihat

Penulis

  • Mahrani Universitas Graha Nusantara
  • Elissa Evawani Tambunan Universitas Graha Nusantara
  • Ali Padang Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Alifia Natasya Natasya Universitas Graha Nusantara
  • Rajadil Ramli lubis Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i1.103

Kata Kunci:

Minat Literasi, Anak sekolah Dasar, Cerita rakyat, Pemberdayaan Masyarakat, PRA

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pendidikan berkelanjutan kepada anak sekolah dasar di Desa Tandihat dengan menggunakan buku cerita rakyat sebagai bahan ajar literasi untuk menumbuhkan minat membaca. Partisipan pada pengabdian ini adalah anak sekolah dasar di desa Tandihat dengan metode pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Selama kegiatan pengabdian berlangsung ada beberapa kendala namun bisa diatasi dan kegiatan berjalan lancar sesuai tujuan awal kepada anak sekolah dasar di desa. Masyarakat menyambut baik dan antusias selama kegiatan berlangsung. Begitu pula dukungan dari pihak kepala desa. Kesimpulan dari PKM ini bahwa minat literasi anak Sekola Dasar meningkat dengan adanya bahan bacaan yang variatif, Frekuensi minat baca anak sekolah dasar masih tidak teratur dan naik turun, yang terakhir dukungan dari orang tua dan guru memberikan efek yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan minat literasi. Pada dasarnya kegiatan seperti ini perlu untuk dilanjutkan lagi kedepannya untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adimihardja, K., & Hikmat, H. (2001). participatory research appraisal: dalam Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat. Humaniora Utama Press (HUP).

Bania, A. S., & Imran. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kota Langsa. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 51–56. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2807

Dharma, K. B. (2002). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2022

Cara Mengutip

Mahrani, Tambunan, E. E. ., Siregar, A. P. ., Natasya, A. N. ., & lubis, R. R. . (2022). Menumbuhkan Minat Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Rakyat Di Desa Tandihat . KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i1.103

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.