Menumbuhkan Minat Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Rakyat Di Desa Tandihat
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i1.103Kata Kunci:
Minat Literasi, Anak sekolah Dasar, Cerita rakyat, Pemberdayaan Masyarakat, PRAAbstrak
Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pendidikan berkelanjutan kepada anak sekolah dasar di Desa Tandihat dengan menggunakan buku cerita rakyat sebagai bahan ajar literasi untuk menumbuhkan minat membaca. Partisipan pada pengabdian ini adalah anak sekolah dasar di desa Tandihat dengan metode pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Selama kegiatan pengabdian berlangsung ada beberapa kendala namun bisa diatasi dan kegiatan berjalan lancar sesuai tujuan awal kepada anak sekolah dasar di desa. Masyarakat menyambut baik dan antusias selama kegiatan berlangsung. Begitu pula dukungan dari pihak kepala desa. Kesimpulan dari PKM ini bahwa minat literasi anak Sekola Dasar meningkat dengan adanya bahan bacaan yang variatif, Frekuensi minat baca anak sekolah dasar masih tidak teratur dan naik turun, yang terakhir dukungan dari orang tua dan guru memberikan efek yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan minat literasi. Pada dasarnya kegiatan seperti ini perlu untuk dilanjutkan lagi kedepannya untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini.
Unduhan
Referensi
Adimihardja, K., & Hikmat, H. (2001). participatory research appraisal: dalam Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat. Humaniora Utama Press (HUP).
Bania, A. S., & Imran. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kota Langsa. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 51–56. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2807
Dharma, K. B. (2002). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Mahrani, Elissa Evawani Tambunan, Ali Padang Siregar, Alifia Natasya Natasya, Rajadil Ramli lubis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.