Pendampingan dan Pengayaan Pembelajaran IPS–Sejarah bagi Siswa SD Negeri 200301 Padangsidimpuan melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Sejarah Lokal

Penulis

  • Siti Maryam Pane Universitas Graha Nusantara
  • Mukhlis Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Fresia Tampubolon Universitas Graha Nusantara
  • Dalilah Amalia Putri Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Nisa Nurmaryam Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.567

Kata Kunci:

pengabdian kepada masyarakat, IPS–Sejarah, sejarah lokal, pendekatan kontekstual, siswa sekolah dasar

Abstrak

Pembelajaran IPS–Sejarah di tingkat sekolah dasar sering kali belum mampu menghadirkan pengalaman belajar yang bermakna karena penyampaian materi cenderung abstrak dan kurang dikaitkan dengan konteks lokal siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa SD Negeri 200301 Padangsidimpuan terhadap materi IPS–Sejarah melalui pendampingan dan pengayaan berbasis sejarah lokal. Metode yang digunakan meliputi pendekatan kontekstual, penyampaian materi interaktif, diskusi reflektif, dan proyek mini sejarah lokal. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan aktif selama proses pembelajaran. Sebanyak 91% siswa menyatakan materi sangat menarik, 87% merasa lebih memahami sejarah secara kontekstual, dan 89% memperoleh pengetahuan baru mengenai sejarah lokal yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Selain itu, proyek mini yang dikerjakan siswa menunjukkan kemampuan mereka dalam merefleksikan sejarah lokal melalui narasi dan ilustrasi sederhana. Kegiatan ini berhasil meningkatkan keterlibatan siswa serta membangun koneksi antara materi pelajaran dengan realitas sosial-budaya mereka. Pendekatan kontekstual berbasis sejarah lokal terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran IPS yang lebih relevan, partisipatif, dan membumi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afni, N., Fajrin, S. N., Jumrah, A. M., & Hastati, S. (2024). BUKU AJAR PENDIDIKAN IPS SD. Samudra Biru.

Halimah, S. N., Rahmadina, A. Z., Farhana, C., Sitinjak, S. N., Budiman, N., & Al Hakim, I. (2025). Pengaruh Implementasi Green History terhadap Minat Belajar Sejarah Lokal yang Kontekstual pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(3), 546–551.

Kertati, I., Muhammadiah, M. ud, Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., & Artawan, P. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Pakaya, D., Yunus, R., & Manay, H. (2025). THE INFLUENCE OF THE TEACHER’S ROLE IN LEARNING HISTORY ON STUDENTS’NATIONALISM VALUES AT GORONTALO BAKTI NUSANTARA HEALTH SCHOOL. Satmata: Journal of Historical Education Studies, 2(3), 168–184.

Prawitasari, P., Muhdiyati, I., & Utami, I. I. S. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS). Karimah Tauhid, 3(8), 8620–8630.

Unduhan

Diterbitkan

05/26/2025

Cara Mengutip

Pane, S. M., Lubis, M., Tampubolon, F., Lubis, D. A. P., & Nurmaryam, N. (2025). Pendampingan dan Pengayaan Pembelajaran IPS–Sejarah bagi Siswa SD Negeri 200301 Padangsidimpuan melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Sejarah Lokal. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 133–139. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.567

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.