Optimalisasi Peran Pengurus Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hipapelnis dalam Membangun Literasi Melalui Pelatihan Inovatif

Penulis

  • Endang Darsih Universitas Kuningan
  • Agie Hanggara Universitas Kuningan
  • Cucu Suhartini Universitas Kuningan
  • Liya Aliya Universitas Kuningan
  • Johan Sulaksana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.595

Kata Kunci:

TBM, Literasi, Pelatihan, Inovatif, Teknologi Digital

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hipapelnis Desa Kalimanggiskulon dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengurus serta memperkuat peran TBM sebagai pusat literasi berbasis teknologi. Program dilaksanakan melalui tujuh tahapan, yaitu persiapan, sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Pada tahap persiapan dilakukan identifikasi kebutuhan dan penyusunan materi, sedangkan tahap sosialisasi dan pelatihan berfokus pada peningkatan kesadaran pentingnya inovasi program serta keterampilan digital pengurus TBM. Selanjutnya, penerapan teknologi diwujudkan melalui pemanfaatan platform digital, penyediaan perangkat keras, dan akses internet untuk mendukung kegiatan interaktif. Tahap pendampingan dilaksanakan secara rutin untuk memastikan pengurus mampu mengelola program baru dan beradaptasi dengan teknologi. Evaluasi dilakukan secara berkala guna menilai efektivitas kegiatan, sementara rencana keberlanjutan disusun melalui penggalangan dana, kemitraan strategis, dan pelatihan lanjutan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran, keterampilan, dan kepercayaan diri pengurus dalam mengelola program literasi berbasis digital. Dengan demikian, pengabdian ini tidak hanya memberikan dampak jangka pendek, tetapi juga membuka peluang jangka panjang bagi TBM Hipapelnis untuk berkembang sebagai pusat literasi desa yang adaptif, modern, dan berdaya guna bagi masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahya, A., Hartono, S., Reni, R., Hasanah, N., Ajie, M., Dian, M., … & Rahmat, S. (2022). Penguatan literasi anak di desa kuala sempang kabupaten bintan. JPPM Kepri Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 13-21. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.421.

Hayati, N. and Suryono, Y. (2015). Evaluasi keberhasilan program taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat di daerah istimewa yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6355

Nuraina et al. "OPTIMALISASI TAMAN BACA GAMPONG BUKU PAGA DALAM UPAYA MENGGALAKKAN GERAKAN LITERASI MASYARAKAT DI DESA PAYA GABOH" Integritas jurnal pengabdian (2021) doi:10.36841/integritas.v5i2.1334.

Nuswantara, K. (2018). Photo-voice : optimalisasi peran taman baca masyarakat (tbm) sebagai sarana penguatan literasi danpengembangan laboratorium pembelajaran sepanjang hayat. Iptek Journal of Proceedings Series, 0(5), 90. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4427

Sopiatun, M. and Jamjam, S. (2021). Strategi pengembangan taman bacaan masyarakat di beberapa negara berkembang. Jurnal Akrab, 12(2), 22-30. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v12i2.401.

Unduhan

Diterbitkan

09/09/2025

Cara Mengutip

Darsih, E., Hanggara, A., Suhartini, C., Aliya, L., & Sulaksana, J. (2025). Optimalisasi Peran Pengurus Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hipapelnis dalam Membangun Literasi Melalui Pelatihan Inovatif. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 189–196. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.595

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.