Pelatihan Pemanfaatan Looker Studio dalam Analisis Data dan Dashboard Statistik bagi Peningkatan Kompetensi Siswa SMKS Nurul Huda Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i6.605Kata Kunci:
Pelatihan, Looker Studio, Kompetensi SiswaAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang analisis data dan pengelolaan dashboard statistik melalui pemanfaatan aplikasi Looker Studio. Pelatihan dilaksanakan di SMKS Nurul Huda Pringsewu dengan melibatkan siswa sebagai peserta. Metode pelatihan meliputi ceramah, demonstrasi, serta praktik langsung dalam mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk dashboard interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar eksplorasi data, tujuan visualisasi data, serta penggunaan fitur-fitur utama Looker Studio. Selain itu, keterampilan siswa dalam memilih jenis grafik sesuai kebutuhan analisis mengalami peningkatan. Berdasarkan survei kepuasan, sebagian besar peserta menilai kegiatan ini sangat memuaskan (63%) dan memuaskan (16%), meskipun masih ada sebagian kecil yang merasa kurang puas (16%) dan tidak puas (5%). Secara keseluruhan, kegiatan PkM ini berhasil memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kemampuan literasi data dan keterampilan digital siswa, yang diharapkan dapat mendukung mereka dalam menghadapi tantangan pembelajaran maupun kebutuhan dunia kerja berbasis data.
Unduhan
Referensi
Alghifari, F., & Juardi, D. (2021). Penerapan Data Mining Pada Penerapan Data Mining Pada Penjualan Makanan Dan Minuman Menggunakan Metode Algoritma Naïve Bayes: Studi Kasus: Makan Barbeque Sepuasnya. Jurnal Ilmiah Informatika, 9(2), 75–81.
Andirasdini, I. G., Sofia, A., Rivai, M., Mahrani, D., Yulita, T., Irwan, S. E., Berliana Ratam, A. N. I., Gustina K.S., A. H., Dewi, K. S., Marisa, M., Azzanina, N., Baiti, P. I. C., & Rosni, R. (2025). Literasi Pemanfaatan Software JASP Untuk Meningkatkan Keterampilan Statistik Guru di MAN 1 Bandar Lampung. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 3(1), 89–94. https://doi.org/10.61124/1.renata.147
Andriatna, R., Kurniawati, I., & Wulandari, A. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 19. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.19-28
Darmanto, Y., Koryanto, L., & Faizah, N. (2023). Perancangan Aplikasi Visualisasi Database Produksi dengan Metode Agregasi menggunakan Looker Studio dan Google Sheets Berbasis Web Studi Kasus di PT. ANTAM. Tbk. Journal Innovations Computer Science, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.56347/jics.v2i2.141
Dyon, Y., & Suryani, E. (2023). Perancangan Dashboard Visualisasi Data Akademik Menggunakan Google Data Studio di SMPN 8 Pariaman. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(1), 12–20.
Irawan, Agus ; Ipnuwati, S., & Mukodimah. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik di SMKS Nurul Huda Pringsewu. 03, 166–174.
Jariyah, A., Indrabulan, T., Ilyas Syarif, M., & Krisna Astuti Sakir, R. (2022). Pemanfaatan Looker Studio untuk Visualisasi Kinerja Program Studi D4 Teknik Multimedia dan Jaringan. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 2828–6863.
Permana Sari, R. (2024). Perancangan Dashboard Kuesioner Usability Menggunakan Looker Studio Usability Questionnaire Dashboard Design Using Looker Studio. JIIC:Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2501–2507. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rosni, Dwi Mahrani, Andi Fitriawati , Ayu Sofia, Tiara Yulita, Agus Irawan, Ma’rufah Hayati Mt, Dani Al Mahkya, Nasrullah, Erica Grace Simanjuntak, Miftahul Irfan, Nora Madonna, Muhammad Nuril Alfian, Abian Avisena Siregar, Yushinta Cahya Lestari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



