Pengaruh Literasi Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UMTS

Penulis

  • Abdul Rahman Suleman Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Muhammad Noor Hasan Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.421

Kata Kunci:

Literasi Kewirausahaan Digital, Kesiapan Berwirausaha, teknologi digital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur literasi kewirausahaan digital dan pengaruhnya terhadap kesiapan berwirausaha di kalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS). Menggunakan desain survei kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih responden yang terlibat dalam mata kuliah kewirausahaan dan aktivitas kewirausahaan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman dan keterampilan yang baik dalam literasi kewirausahaan digital, terutama dalam penggunaan media sosial untuk promosi bisnis (rata-rata 4.20) dan pemahaman tentang cara kerja e-commerce (rata-rata 4.18). Selain itu, mahasiswa juga menunjukkan kesiapan berwirausaha yang tinggi, terutama dalam keterampilan menjalankan bisnis (rata-rata 4.23) dan motivasi untuk menjadi wirausaha (rata-rata 4.23). Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa literasi kewirausahaan digital berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0.78 (p-value < 0.05). Temuan ini mengindikasikan bahwa literasi kewirausahaan digital menjelaskan 78% variasi dalam kesiapan berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan digital harus ditingkatkan dan diintegrasikan untuk memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya memahami konsep-konsep dasar kewirausahaan tetapi juga memiliki keterampilan praktis dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Acs, Z. (2006). How is entrepreneurship good for economic growth. Innovations, 1(1), 97–107.

Alfiyah, H. Y., & Ghozali, S. (2022). Implementasi Edupreneurship di Perguruan Tinggi. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 29(01), 191–210.

Andriani, D. P., Hamdala, I., Swara, S. E., & Fadli, H. (2019). Perancangan Business Digital Platform dalam Mendukung Keberlanjutan IKM dengan Pendekatan Quality Function Deployment. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(1), 42–54.

Aryadi, R., & Hoesin, S. H. (2022). Kewirausahaan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Solusi Untuk Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia. Jurnal Hukum Dan Bisnis (Selisik), 8(1), 57–72.

Budy, D. A. (2017). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal for Business and Entrepreneurship, 1(1).

Canton, H. (2021). Organisation for economic co-operation and development—OECD. In The Europa Directory of International Organizations 2021 (pp. 677–687). Routledge.

Chaplin, J. P. (1995). Kamus lengkap psikologi. Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (4rd ed.). SAGE Publication Inc.

Dillman, D. A., Smyth, J. D., & Christian, L. M. (2014). Internet, phone, mail, and mixed-mode surveys: The tailored design method. John Wiley & Sons.

Dvorakova, Z., & Polents, I. (2021). Entrepreneurship Education and Digital Literacy as Element of Innovative Learning BT - Digital Transformation and New Challenges (E. Zaramenskikh & A. Fedorova (eds.); pp. 253–263). Springer International Publishing.

Fajar, M. K., & Marsudi, I. (2023). Konsep Dasar Kewirausahaan Dalam Olahraga. Uwais Inspirasi Indonesia.

Frinces, Z. H. (2011). Be an entrepreneur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gartner, W. B., Carter, N. M., & Reynolds, P. D. (2010). Entrepreneurial behavior: Firm organizing processes. Handbook of Entrepreneurship Research: An Interdisciplinary Survey and Introduction, 99–127.

Geho, P. R., & Dangelo, J. (2012). The evolution of social media as a marketing tool for entrepreneurs. The Entrepreneurial Executive, 17, 61.

Groves, R. M., Fowler, F. J., Couper, M. P., Lepkowski, J. M., Singer, E., & Tourangeau, R. (2004). Survey Methodology. John Wiley & Sons. In New York.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. Pilar, 11(1).

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198–1215.

Heinonen, J. (2007). An entrepreneurial‐directed approach to teaching corporate entrepreneurship at university level. Education+ Training, 49(4), 310–324.

Jaya, I., Jatiningrum, C., & Gumanti, M. (2023). Pelatihan Digital Enterpreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha bagi Generasi Muda pada SMK Miftahul Falah Sinar Mulya Kabupaten Pringsewu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 89–95.

Kuratko, D. F. (2016). Corporate entrepreneurship. The Routledge Companion to the Makers of Modern Entrepreneurship, 154.

Mavlutova, I., Lesinskis, K., Liogys, M., & Hermanis, J. (2020). Innovative teaching techniques for entrepreneurship education in the era of digitalisation. WSEAS Transactions on Environment and Development, 16(1), 725–733.

Moko, A. (2005). Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi, N. (2009). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Palinkas, L. A., Mendon, S. J., & Hamilton, A. B. (2019). Innovations in mixed methods evaluations. Annual Review of Public Health, 40(1), 423–442.

Pancarrani, B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 1(1), 256–262.

Rugova, B., & Prenaj, B. (2016). Social media as marketing tool for SMEs: opportunities and challenges. Academic Journal of Business, 2(3), 85–97.

Rusman, M.-M. P. M. P. (2013). Model-model Pembelajaran. In Raja Grafindo Jakarta.

Ryan, T. P. (2013). Sample size determination and power. John Wiley & Sons.

Safitri, I. F. (2020). Kewirausahaan Sosial Usaha Mikro Kecil dan Menengah Yayasan Tirta Alam Bumi Bertuah (Studi Kasus pada Pengelola UMKM YTABB di Kota Pekanbaru). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). Literation of Education and Innovation Business Engineering Technology. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 48–55.

Sariwulan, T., Suparno, S., Disman, D., Ahman, E., & Suwatno, S. (2020). Entrepreneurial performance: The role of literacy and skills. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 269–280.

Sartono, S., & Sutrismi, S. (2020). Kewirausahaan; Kewirausahaan Komersial Dan Sosial. BENEFIT, 7(2), 94–102.

Shabbir, M. S., Ghazi, M. S., & Mehmood, A. R. (2016). Impact of social media applications on small business entrepreneurs. Arabian Journal of Business and Management Review, 6(3), 203–205.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Suharti, L., & Sirine, H. (2011). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat kewirausahaan (entrepreneurial intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2), 124–134.

Suherman, E. (2008). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 33, 18.

Suparno, S., Saptono, A., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors influencing students’ intention to establish a digital business (Start-up). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(8), 73–91.

Suryana, S. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses menuju Sukses. In Salemba Empat.

Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163.

Tabachnick, B. G., Fidell, L. S., & Ullman, J. B. (2013). Using multivariate statistics (Vol. 6). pearson Boston, MA.

Warokka, A., Sjahruddin, H., Sriyanto, S., Noerhartati, E., & Saddhono, K. (2020). Digital marketing support and business development using online marketing tools: An experimental analysis. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1), 1181–1188.

Zulfiqar, S., Asmi, F., Chandia, K. E., Sarwar, B., & Aziz, S. (2017). Measuring entrepreneurial readiness among youth in Pakistan through theory of planned behavior (TPB) based approach. Business and Economic Research, 7(1), 149–167.

Unduhan

Diterbitkan

28-07-2024

Cara Mengutip

Suleman, A. R., & Siregar, M. N. H. (2024). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UMTS. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 69–80. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.421

Terbitan

Bagian

Articles