Efektivitas Pembelajaran Sejarah Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Natal
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.494Kata Kunci:
pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran, pembelajaran sejarah, pandemi COVID-19Abstrak
Penelitian ini mengkaji efektivitas pembelajaran sejarah secara daring di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Natal selama masa pandemi COVID-19. Menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif, penelitian dilaksanakan selama tiga bulan (Desember 2020 - Februari 2021) dengan melibatkan guru sejarah dan siswa sebagai informan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring memiliki efektivitas moderat dengan tingkat ketuntasan belajar 65% dan rata-rata nilai 75,5. Platform WhatsApp digunakan sebagai media utama pembelajaran dengan tingkat partisipasi siswa mencapai 85%. Kendala utama meliputi keterbatasan akses internet (40% siswa) dan kepemilikan perangkat (25% siswa). Strategi adaptasi pembelajaran seperti penyederhanaan materi dan fleksibilitas pengumpulan tugas berhasil mempertahankan kontinuitas pembelajaran. Dukungan orangtua dan kemampuan adaptasi guru menjadi faktor kunci keberhasilan. Penelitian merekomendasikan peningkatan infrastruktur digital dan pengembangan kompetensi guru dalam pembelajaran daring untuk optimalisasi pembelajaran sejarah.
Unduhan
Referensi
Alfansyur, Andarusni, and Mariyani Mariyani. 2020. “Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5(2):146–50.
Andiyanto, Tri. 2021. Pendidikan Dimasa Covid-19. Raih Asa Sukses.
Andriani, Wiwin, M. Subandowo, Hari Karyono, and Wawan Gunawan. 2021. “Learning Loss Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Corona.” Pp. 484–501 in Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Vol. 1.
Arianto, Bambang. 2022. “Pedagogi Digital Dalam Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2(1):106–23.
Ariyanto, Restu Dwi, Santy Andrianie, and Guruh Sukma Hanggara. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Kontribusi.”
Indrawati, Budi. 2020. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1(1):39–48.
Pendidikan, Kementerian, and Kebudayaan RI. 2020. “Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease.”
Rifa’ie, Muhammad. 2020. “Fleksibilitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Flexibility of Online Learning During Covid-19 Pandemic.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(2):197–205.
Setiyadi, Bradley, and Rahmalia Rahmalia. 2022. “Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Mengelola Lembaga Pendidikan.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 6(3).
Siregar, Rafiqah Yusna. 2021. “Strategi Komunikasi Dosen Digital Immigrant Dalam Proses Mengajar Daring Pada Bidang Sains Dan Teknologi Di Universitas Sumatera Utara.” ETTISAL: Journal of Communication 6(2):305–26.
Wasino, M., and Hartatik Endah Sri. 2018. “Metode Penelitian Sejarah: Dari Riset Hingga Penulisan.”
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nur Mawan, Salman Al Paris Sormin, Cipto Duwi Priyono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.