Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padangbolak Julu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.540Kata Kunci:
teknik pemodelan, teks anekdot, keterampilan menulis, keterampilan menulis, pembelajaran Bahasa Indonesia, penelitian tindakan kelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa melalui penerapan teknik pemodelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Padangbolak Julu tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja menulis teks anekdot berdasarkan struktur orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 57,08 pada pre-test menjadi 72,50 pada post-test siklus I dan mencapai 81,46 pada post-test siklus II. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 8,33% pada pre-test menjadi 81,94% pada post-test siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa teknik pemodelan efektif dalam membantu siswa memahami dan mengaplikasikan struktur teks anekdot secara lebih baik. Temuan ini mendukung efektivitas teknik pemodelan sebagai strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar serta motivasi siswa dalam menulis.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).
Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). Social learning theory (Vol. 1). Englewood cliffs Prentice Hall.
Etikasari, D. (2025). Menulis Teks Persuasif dengan Strategi Pemodelan Berbantuan Video Iklan Pada Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif Mlandi Wonosobo. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(1), 40–50.
Lutfi, M. S. (2007). Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press InsaniMaspiyah.(2009: 9) Modul Perawatan Kulit Wajah. Surabaya.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. In Bumi Aksara.
Raimes, A. (1983). Techniques in teaching writing. ERIC.
Somadayo, S., & Pamuti, P. (2021). Pembelajaran menulis teks karangan dengan strategi modeling pada siswa sekolah dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 191–201.
Tarigan, H. G. (1986). Menulis: sebagai suatu keterampilan berbahasa. (No Title).
Trianto, M.-P. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 376, 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Elya Nova Safitri, Fauziah Nasution, Dina Syahfitri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.